oleh

KPU Halsel Buka Pendaftaran PPK Pilbup 2020

-Politik-1.105 views
Pengambilan Formolir Calon Anggota PPK Halsel 2020 (foto: Humas KPU Halsel)

HALSEL –Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan akan membuka pendaftaran bagi Panitia pemilihan kecamatan (PPK), untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Halsel tahun 2020.

Ketua Devisi, sosialisai sumber daya manusia (SDM) dan Partipasi masyarakat (Parmas) KPU Halsel, M. Agus Umar, mengatakan pendaftaran PPK dibuka mulai  18 sampai 24 Januari 2020. Untuk pengumumannya selama 2 hari, tanggal 15 sampai 17 Januari,” katanya saat ditemui wartawan, Rabu (15/1/20) di ruang kerjanya di Hidayat.

Lebih lanjut, komisioner yang akrab disapa Agus ini mengatakan, rekrutmen PPK terbuka luas bagi masyarakat.

“Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman website KPU www.kpu-halselkab.go.id  atau datang langsung ke kantor KPU Halsel,” ujar Agus.

Sedangkan mengenai periodesasi, Agus yang juga pengarah Pokja Pembentukkan badan adhock menegaskan, yang sudah menjabat dua periode berturut-turut tidak bisa mendaftar lagi.

“Pengertian dua periode berturut-turut itu, menurut regulasi periodesasi Pemilu dan Pemilihan, antara Pileg 2009, Pilkada 2010 dan Pilgub 2013 terhitung periode Pertama, terus pada 2014 dan 2015 ikut PPK (periode kedua) lagi berarti 2020 ini tidak  bisa mendaftar lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk periodesasi 2019 masih jalan. Misalnya Kata Agus, jika ada yang sudah menjadi PPK pada Pilgub 2018 dan Pileg masih bisa mengikuti calon PPK 2020 pada pemilihan Bupati.

“Karena periodesasi 2019 ini hingga tahun 2023 nanti,” pungkasnya.

Adapun tahapan seleksi pembentukan PPK tersebut diawali dengan pendaftaran, penelitian administrasi, seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi, tanggapan masyarakat, wawancara, pengumuman, dan pelantikan PPK berdasarakan PKPU pada tanggal 29 Februari 2020

Sedangkan untuk masa kerja PPK Pilbup Halsel 2020 adalah 9 bulan sejak Maret hingga 30 November 2020. Jadwal Pilbup Halsel sendiri akan digelar pada Rabu 23 September mendatang.

Sementara, Ketua KPU Halsel Darmin Hi. Hasim, kepada focusmalut.com mengatakan, untuk mengawal Pilkada 2020 yang akan berlangsung 23 September mendatang, KPU Halsel membutuhkan total 150 anggota PPK yang tersebar di 30 kecamatan.

Darmin menambahkan, PPK bertugas melakukan sosialisasi, koordinasi surat suara, koordinasi rekapitulasi, dan sebagainya di tingkat kecamatan. Ia juga menegaskan, sosok yang paling dicari dalam memilih PPK adalah mereka yang memiliki kemandirian dan integritas tinggi.

“Kemandirian dan integritas sangat dibutuhkan lantaran nantinya PPK benar-benar akan bekerja keras,”  tegasnya menutup

(Bz/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *