oleh

KPU Halsel Sosialisasi Aplikasi Silon Kepada Parpol dan Masyarakat

-Politik-1.721 views

HALSEL – Dalam rangka menyempurnakan pengelolaan data base pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). KPU membuat suatu aplikasi yang akan merekam data-data bakal pasangan calon (paslon) dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2020.

Operator Silon KPU Halsel, Andi Nurjana dalam sosialisasi pengenalan Aplikasi Silon, Selasa (10/10/2019). Mengatakan, aplikasi ini oleh KPU diberi nama Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Proses semacam ini juga sudah dilaksanakan pada saat Pileg dan Pilpres Tahun 2019. Berkaitan data-data bakal pasangan calon tentu saja yang mengisi adalah dari pihak bakal pasangan calon tersebut.

Apilikasi ini kata Dia, tentu saja tidak hanya untuk keperluan data base, akan tetapi juga sangat berharga bagi masyarakat untuk bisa memantau serta ruang partisipasi publik pada pelaksanaan tahapan Pilkada khususnya dalam tahapan pencalonan.

Sehingga dalam pengenalan Aplikasi Silon itu, Andi Nurjana mengingatkan pentingya data pencalonan bagi masyarakat dan perlunya keakurasian pengisian data pencalonan oleh bakal pasangan calon.

“Untuk itu KPU Kabupaten Halmahera Selatan, Selasa tadi melaksanakan sosialisasi atau perkenalan terkait aplikasi SILON kepada pengurus maupun petugas IT yang hadir dari parpol serta OKP dan tokoh masyarakaat,”katanya

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakn diaula Husni Kamil Manik ini dihadiri oleh keterwakilan Partai politik dan ormas serta Bawaslu Halsel Rais Kahar, diinternal KPU sendiri dihadiri oleh Rusna Ahmad, Halid A Rajak dan Yaret Colling.

Dikesempatan itu, Yaret Colling anggota KPU Halsel ini menyampaikan materi sosialisasi terkait dengan Peraturan KPU nomor 16 tahun 2019 tentang jadwal dan tahapan yang menerangkan model Pencalonan dan syarat syarat dukungan baik calon perorangan maupun calon yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik.

” Dalam PKPU 16 tahun 2019, Model calon ada dua yakni model calon perorangan dan model Pencalonan gabungan partai politik atau partai politik,” jelas Yaret saat menyampaikan sosialisasi.

(Bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *