oleh

“KUA Pultab” Nikah di Jam Kerja Gratis

-Daerah-195 views
Ilustrasi

TALIABU – Kementerian Agama telah merilis alur pelayanan nikah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2014 tentang biaya pernikahan.

Secara umum biaya pernikahan dibagi menjadi dua, yaitu pertama,  Gratis, jika pernikahan dilakukan di KUA pada jam kerja. Kedua, dikenakan Rp 600 ribu, jika pernikahan dilakukan di luar KUA dan atau di luar jam kerja.

Hal itu disampai La Ahmad Saba, salah satu staff Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Pulau Taliabu saat ditemui, Kamis (8/8/2019).

“Tidak ada biaya lain yang harus dikeluarkan oleh calon pengantin di luar yang sudah ditentukan oleh peraturan tersebut,” ujar La Ahmad Saba kepada Focus Malut, Kamis (8/8/2019).

Sebelumnya, Kemenag menganti PP Nomor 47 tahun 2004 dengan PP No 48 Tahun 2014. Aturan tersebut mengatur biaya pernikahan yang sempat menjadi masalah beberapa waktu lalu.

Sehingga, setelah aturan tersebut ditetapkan, pernikahan yang dilangsungkan di dalam KUA pada jam kerja tidak dipungut biaya atau gratis.

“Saat jam kantor mulai dari 7.30 sampai 16.30 ada yang datang mau menikah maka kami disini siap melayani dan di gratiskan,” ungkapnya.

Lebih lanjut La Ahmad menjelaskan, soal pernikahan itu hal mudah, hanya saja soal tanggungjawab yang selalu menjadi masalah.

“Nikah itu gampang, tapi tanggungjawab suami yang menjadi sasaran utama, karena para istri selalu datang ke KUA untuk mengadu terkait tanggungjawab suami,” jelasnya. (Sb).

Komentar