oleh

Mahasiswa Kubermas Unkhair Desa Hidayat Gelar Dzikir Untuk Korban Gempa

-Daerah-917 views
Dzikir Akbar yang di laksanakan Mahasiswa Kubermas dan Masyarakat Desa Hidayat

HALSEL – Dukungan untuk Halmahera Selatan Gane dan Bacan yang dihantam gempa terus berdatangan. Selain bantuan berupa sembako, juga dukungan moril seperti doa juga terus berdatangan. Salah satunya datang dari mahasiswa Kuliah Bersama Masyarakat (Kubermas) di Desa Hidayat, Jumat (2/8/2019) malam.

Sejumlah mahasiswa dari Universitas Khairun ini menggelar Dzikir bersama dengan masyarakat sebagai aksi peduli Gempa Halsel dan Gane yang dipusatkan di Mesjid Nurul Hidayah Desa Hidayat kecamatan Bacan. Dzikir itu dipandu oleh KH. Abdul Haris Krois.

Dzikir bersama yang diprakarsai oleh Mahasiswa dan masyarakat Desa Hidayat itu, merupakan bentuk empati dan rasa kepedulian terhadap para korban gempa Gane dan Halsel secara umum yang hingga saat ini situasi dan kondisi sudah mulai membaik.

“Melihat Kondisi Bencana Alam yang silih berganti, dari daerah satu ke daerah lain, membuat kami Mahasiswa Kubermas yang ada di Desa Hidayat merasa terpanggil untuk saling mendoakan, sebab tak bisa di pungkiri gempa datangnya kapan kita tidak tahu.” Ujar Ketua Kordinator Lapangan Kubermas Desa Hidayat, Ari Sujono Tenys dalam sambutannya.

Bentuk kepedulian dari para mahasiswa Kubermas Unkhair ini juga mendapat apresiasi dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Apresiasi ini diantaranya datang dari Bupati Halmahera Selatan yang diwakili oleh asisten I Setda Kabupaten Halsel, Amirudin Dokumalamo. Dalam sambutannya Amirudin sangat mengapresiasi kegiatan Dzikir Akbar yang diselenggarakan mahasiswa Kubermas Unkhair dan masyarakat ini.

“Alhamdulillah Pemda Halsel sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. selain untuk saling mengingatkan juga untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana di Gane Bacan dan sekitarnya,”kata Asisten I dalam kegiatan Dzikir  akbar, malam tadi.

Foto bersama Mahasiwa Kubermas dan Masyarakat Desa Hidayat

Kepala Desa (Kades) Hidayat, Hi. Alhajir Marsaoly, menungkapkan kegiatan Dzikir Akbar ini dilaksanakan yang pertama kali pasca Gempa.

”Kami bersama masyarakat, Pemuda dan mahasiswa kubermas Unkhair berinisiatif melaksanakan zikir akbar ini untuk kembali dan meresapi ujian Allah SWT yang diberikan kepada kita semua, tentang Gempa Bumi yang memporak porandakan bangunan warga khususnya warga gane dan pulau bacan,” kata Kades.

Tak hanya itu, Kades juga mengajak masyarakat Desa Hidayat yang hadir untuk bersama-sama untuk selalu mengingat mati, karena dengan mengingat mati, maka akan selalu mempersiapkan bekal menuju akhirat, karena sesungguhnya bekal yang baik adalah ketakwaan.

Sementara, Pembawa Hikma Dzikir Akbar KH. Abdul Haris Krois, mengatakan zikir ini dilakukan untuk kembali mendekatkan diri kepada Allah SWT sang Maha Pencipta untuk melaksanakan sholat lima waktu.

”Gempa bumi ini menjadi pembelajaran dan teguran keras kepada umat manusia untuk meninggalkan laranganya, mari kita bersama-sama mendoakan saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa dan saling mengintropeksi diri masing-masing, agar melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangganya,” pinta Kiyai seraya menutup dengan melafatkan Dzikir bersama Jama’ah yang hadir.

(IL Fcs)

Komentar