oleh

Matangkan Dokumen RKPD, BP3D Gelar Forum Lintas SKPD

-Daerah-1.178 views
Asisten I, Asisten II, Staf Khusus Bupati dan Kaban BP3D membukan kegiatan FPD, Rabu lalu

JAILOLO – Untuk menyempurnakan Dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Halmahera Barat (Halbar) tahun 2020, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) menggelar pembahasan RKPD bersama pimpinan SKPD.

Pembahasan RKPD melalui forum perangkat daerah(FPD) atau lintas perangkat daera, Senin (20/3), merupakan wada penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha. Pelaksanaan forum PD lintas kabupaten  dilakukan dengan mempertimbangkan urgensi, efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan.

“Pelaksanaan forum PD, sesui dengan perintah Undang-undang nomor 25 tahun 2014, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 8 tahun 2018, Permendagri nomor 86 tahun 2017, Perda Halbar nomor 7 tahun 3028, tentang APBD tahun 2019 dan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 19 tahun 2018,”ungkap Ketua Panitia penyelenggara Forum PD, Sonya Naik ketika ditemui di ruang Aula Kantor Bupati, Selasa (20/3).

Ia menambahkan, tujuan kegiatan Forum PD, untuk menyelaraskan program dan kegiatan musrenbang di Kecamatan, mempertajam indikator serta target program, menyelaraskan program dan kegiatan PD, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikator untuk masing-masing indikator PD Kabupaten.

“Kegiatan ini diharapkan dapat merekapitulasi rumusan program dan kegiatan prioritas dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari musrenbang kecamatan dan RKPD,”jelasnya.

Sementara Asisten I Vence Muluwere yang mewakili Bupati Danny Missy saat membuka kegitan forum PD menyampaikan, mengajak seluruh peserta forum lintas perangkat daerah, agar melaksanakan fungsi forum secara optimal dalam rangka memudahkan program dan kegiatan baik antara sektoral maupun antar wilayah.

Diharapkan dalam penyusunan program itu, harus sesuai dengan kondisi dan keberadaan masyarakat, sehingga sumber daya manusia dipenuhi dalam rangka untuk kebutuhan pembangunan di daerah ini.

“Pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia itu harus dikedepankan, karen kalau kita bicara tentang IPM ada 3 kata kunci yang harus kita dapatkan yakni, kemampuan pengetahuan, kemampuan keterampilan dan kemampuan sikap yang harus kita kedepankan,”tegasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar