oleh

Tahun Ini Dinkes Fokus Pelayanan Kesehatan di Desa

-Kesehatan-1.065 views
ilustrasi

JAILOLO – Untuk menekan angka penyakit di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Dinas Kesehatan (Dinkes) menyusun sejumlah program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di Desa.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar Rosfince Kalengit yang ditemui di Kantor Bupati, Rabu (20/3) menyatakan, ada beberapa program kegiatan kesehatan yang harus ditangani atau dilaksanakan di Desa-desa diantaranya, melaksanakan pelayanan imunisasi, mengatasi penyakit menular di Desa, mengatasi TBS , HIV-AIDS, Program Indonesia Sehat (PIS)  dengan Pendekatan Keluarga (PK), Inovesi kesehatan daerah, program Panti pemuliham gizi, posiandu pra konsepsi untuk pencegahan stanting, Penanggulangan gizi buruk dan stanting dan Penanggulangan ibu hamil kekurang energi kronik.

“Kegiatan yang telah diprogramkan di tahun ini semuanya dilaksanakan di Desa, sehingga masyarakat merasakan langsung kehadiran Pemda dalam memberikan pelaksanan kesehatan ditingkat desa,”ungkapnya.

Ditanya soal anggaran, Rosfince mengaku, anggaran yang diploting melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2019 hanya Rp. 1,2 miliar, sementara untuk membiayai operasional kantor saja tidak cukup, sehingga alokasi anggaran Dinkes ditambahkan melalui Dana Insentif Daerah (DID).

“Jadi untuk memaksimalkan kegiatan, kita mendapat tambahan anggaran DID,”katanya.

Rosfince menaambahkan, pelayanan kesehatan secara prima bukan saja dilakukan di Puskesmas atau RSUD, karena masyarakat yang tidak mampu harus dilayani ditingkat Desa, sehingga anggaran DAU yang hanya dialokasikan Rp. 1,2 miliar sangat tidak mungki petugas kesehatan dapat menjangkau 14 puskesmas yang tersebar di 8 Kecamatan.

“Jadi dengan adanya tambahan anggaran dari DID, maka dipastikan pelayanan kesehatan ditingkat desa bisa tercapai, bahkan sesuai program pak Bupati untuk menekan angka Gizi buruk dan Stanting bisa dilakukan secara efektif dan efisien, karena pelayanan dilakukan langsung ditingkat desa,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *