oleh

Panwascam Ternate Selatan Rekrut 187 Pengawas TPS

Komisioner Panwascam Ternate Selatan Divisi Hukum dan Penindakan, M. Arif Fabanyo

TERNATE – Dalam rangka menghadapi Pemilu 2019, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ternate Selatan resmi mengumumkan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin (4/2/19).

Komisioner Panwascam Ternate Selatan Divisi Hukum M. Arif Fabanyo, kepada focucmalut.com, mengatakan, Panwascam akan menerima sebanyak 187 pengawas TPS. Perekrutan pengawas di TPS ini berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan Umum dan Perbawaslu Nomor 19 Tahun 2017 tentang pembentukan, pemberhentian, dan pergantian antar waktu Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri dan Pengawas TPS.

“ Pengumuman Pendaftaran PTPS dimulai tanggal 4-10 Februari 2019. Bagi masyarakat yang mendaftar bisa datang langsung ke Kantor Panwascam Jln. Raya Jati Perumnas, Kelurahan Bastiong Talangame RT. 04 RW 01 Kecamatan Ternate Selatan,” kata M Arif.

Sementara untuk jadwal pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi dan wawancara akan berlangsung selama 9 hari mulai 11 hingga 21 Februari 2019.

“ Jika tidak memenuhi kuota penerimaan maka akan diadakan perpanjangan pendaftaran selama 3 hari mulai tanggal 22-24 Februari 2019,” jelas Dia

Tak hanya itu, Panwascam juga menyampaikan pengumuman calon pengawas TPS oleh Pokja  serta  tanggapan dan masukan dari masyarakat mulai 27 Februari 2019 sampai dengan 1 Maret 2019.

“ Selama tiga hari mulai 4-6 maret  akan disampaikan proses klarifikasi atas tanggapan masyarakat dan pleno penetapan pengawas TPS terpilih. Kami juga akan merekrut pengawas TPS lebih berpatokan pada masyarakat yang berdomisili di TPS setempat, ini aga mengurangi resiko kecurangan pada saat hitung pungut nanti,” tambah M.Arif

Baca Juga:  Bahrain Optimis PKPI Raih 5 Kursi DPRD Halsel

Terkait pengumuman pengawas TPS terpilih, kata dia, akan dilakukan pada tanggal 8-12 Maret 2019 serta laporan tahapan penjaringan sekaligus penyampaian berkas seleksi dari Panwascam ke Bawaslu Kota mulai 9-13 Maret 2019.

“Setelah itu, akan dilaksankan prosesi pelantikan dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang mulai pada tanggal 25 Maret 2019. Mereka yang menjadi pengawas TPS, akan mulai bekerja selama satu bulan sampai hari pencoblosan, perekrutan ini juga untuk memperketat pengawasan dan meminimalisir pelanggaran,” pungkasnya.

(ieL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *