oleh

Pasar Ikan di PPI Tuada Bakal Diaktifkan

-Daerah-1.137 views
Pasar ikan di Desa Tuada yang letaknya di areal Pelabuhan Pendaratan Ikan

JAILOLO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halmahera Barat (Halbar) bakal memindahkan pedagang ikan yang berjualan di lokasi Festival Teluk Jailolo (FTJ) ke pasar Ikan Desa Tuada Kecamatan Jailolo.

Kepala DKP Halbar Agustinus Maholle yang dikonfirmasi di ruang kerjannya Selasa (5/3/19) menyatakan, pedagang ikan yang sering berjualan di lokasi FTJ rata-rata nelayan dari Desa Guaeria Kecamatan Jailolo, olehnya itu pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan para nelayan untuk dipindahkan ke pasar ikan di Desa Tuada yang letaknya di areal Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), sehingga penjualan ikan di pasar ikan langsung berdekatan dengan Cold Stroage Desa Tuada.

”Saya sudah koordinasi dengan nelayan Desa Guaeria, sehingga dalam waktu dekat ini pasar ikan yang ada di lokasi PPI Desa Tuada akan kita aktifkan,”katanya.

Ia menambahkan, untuk saat ini PPI Desa Tuada belum bisa menerima pembongkaran ikan dengan kapal yang skalanya besar, karena dermaganya belum siap, sehingga pada saat pengaktifan pasar ikan, kapal nelayan yang bisa membongkar ikan di PPI Tuada adalah kapal fiber yang kapasitasnya dibawa 3 Gross Tone (GT).

Agustinus juga mengaku, dirinya telah berkoordinasi dengan nelayan yang menggunakan perahu fiber kapasitas 3 GT di Desa Guaeria, sehingga pembongkaran ikan sudah bisa dilakukan di PPI.

”Nelayan yang membongkar ikan di PPI, akan disiapkan berbagai fasilitas, seperti Kolboks Ikan, Delta Ikan maupun Es Batu, jadi nelayan tidak perlu repot ketika membongkar ikan di PPI, karena semua fasilitas sudah disiapkan,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *