oleh

Pasca Reuni 212, Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Terus Merosot

Effendi Gazali

Jakarta – Pengamat komunikasi Effendi Gazali diinterupsi Irma Chaniago, Anggota Tim Kemenangan Jokowi-Ma’ruf, usai membongkar ketidakadilan dalam program sertifikat tanah Jokowi lewat cerita pengalaman pribadinya.

Selain masalah sertifikat tanah Jokowi, ILC Tv One terbaru juga menyoroti masalah elektabilitas Jokowi-Ma’ruf yang terus merosot.

Menjadi tak seperti petahana sukses lantaran elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tak mencapai ambang batas standar untuk disebut petahana sukses.

Efendi Gazali menceritakan kisah ketidakadilan dalam program sertifikat tanah Jokowi di acara ILC Tv One, yang rekaman videonya diposting di akun youtube Indonesia Lawyers Club dengan judul ‘[FULL] “Pasca Reuna 212 : Menakar Elektabilitas Capres 2019 || ILC (4/12/2018)’.

Effendi Gazali memulai kesempatan bicaranya bicara panjang lebar terlebih dahulu terkait teori komunikasi dalam menyikapi reuni 212 sebelum akhirnya diinterupsi TKN Jokowi.

Ya, Jokowi memang sedang gencar-gencarnya membagikan sertifikat tanah tanah kepada masyarakat secara gratis sebagai bagian dari program sertifikat tanah Jokowi.

Terakhir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat pembagian sertifikat hak atas tanah bagi warga Jakarta Timur, tepatnya di Rusunawa Rawa Bebek, Jalan Inspeksi Kanal Timur, Cakung, Senin (3/12/2018) sore.

SelainAnies, Jokowi juga ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Anies sendiri diketahui telah menemani Jokowi membagikan sertifikat pada tiga wilayah berbeda di Ibu Kota.

Sebelumnya, Anies bersama Jokowi membagikan sertifikat tanah untuk warga di wilayah Jakarta Utara, kemudian menyusul Jakarta Selatan, dan teranyar hari ini bagi warga di Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI itu mengapresiasi program strategis nasional Jokowi dengan membagikan sertifikat tanah kepada warganya yang diserahkan langsung Kepala Negara tersebut.

Baca Juga:  Perhitungan Suara Pemilu di Kecamatan Sahu Timur Berjalan Aman

“Atas nama Pemprov dan warga DKI izinkan kami sampaikan terima kasih dan apresiasi. Alhamdulillah program yang sudah dicanangkan tahun 2018 sertifikat tanah program strategis nasional terlaksana dengan baik. Ini menjadi kota ketiga yang didatangi langsung Presiden untuk diserahkan secara langsung,” tutur Anies di lokasi, Senin (3/12/2018).

Dirinya juga memberikan penghargaan tinggi kepada jajaran Kementerian ATR/BPN terkait penyelenggaraan acara hari ini.

“Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada ATR atas terselenggaranya acara ini,” ujar Anies.

Sementara itu, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengungkap ada 5.000 penerima sertifikat tanah hadir dalam acara sore itu yang diwakili 12 orang untuk diberikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi.

Untuk wilayah kota administrasi Jakarta Timur, Sofyan mengungkap sebanyak 229 ribu dari 448 ribu bidang tanah telah terdaftar. Sedangkan pada tahun ini, ada 140 ribu bidang tanah yang didaftarkan. Sisanya, 160 ribu bidang tanah di Jakarta Timur akan diselesaikan tahun depan.

“Jadi Bapak, Ibu sekalian di Jakarta Timur sisanya 160 ribu bidang akan kita selesai tahun depan,” jelasnya.

Sofyan menjelaskan bagi warga yang belum mendapatkan sertifikat agar tetap bersabar. Sebab, komitmen Presiden yang didukung oleh Gubernur DKI diharapkan seluruh tanah di Ibu Kota bisa terdaftar pada tahun depan.

“Yang belum mendapat harap sabar, komitmen pak Presiden didukung Gubernur DKI Jakarta Insya Allah tahun depan seluruh tanah di Jakarta terdaftar,” kata Sofyan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *