Peduli Korban Puting Beliung, Pemda Taliabu Salurkan Bantuan

TALIABU – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana alam, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan pada korban terdampak angin puting beliung yang menerpa desa Bapenu dan Galebo Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Kamis (13/07/2023) siang di Desa Bapenu.

Bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari selimut sebanyak 34 lembar, matras sebanyak 31 lembar, makanan siap saji sebanyak 102 paket, makanan anak sebanyak 68 paket, Lauk pauk siap saji sebanyak 68 paket, beras sebanyak 340 Kg, sandang dewasa sebanyak 34 paket, dan paket campuran sebanyak 34 Paket.

Penyaluran bantuan ini dihadiri oleh Staff Ahli Bupati Pulau Taliabu, TNI-Polri, Kejaksaan Negeri Bobong, Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kesbangpol.
Di kesempatan itu, Atma, S.Hut, MM, mewakili Bupati Pulau Taliabu, menyampaikan permohonan maaf, karena Bupati Aliong Mus masih menghadiri kegiatan diluar daerah.

Sehingga kata Atma, kami ditugaskan untuk menyerahkan bantuan kepada warga yang kena dampat angin puting beliung.

Dirinya, juga mengaku bahwa bantuan tanggap darurat ini, masih berupa makanan dan sandang. Sedangkan, untuk bantuan lainnya berupa seng dan kayu masih dalam tahap permintaan yang dilakukan BPBD dan dinas terkait lainnya.

”Jadi warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat nanti kita akan melakukan koordinasi dengan BPBD dan Perkim. Asalkan ibu, bapak untuk saat ini bersabar,” akunya.

Baca Juga:  PT Taliabu Godo Maogena Diduga Caplok Lahan Warga Untuk Dijadikan Logpond

Sementara itu, Kepala Dinsos PulauTaliabu, La Utu Ahmadi mengungkapkan bantuan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu. Walaupun yang saat ini baru berupa makanan dan tempat tidur serta kebutuhan lainnya.

“Pemda selalu siap siaga memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana. Jadi jangan lihat yang diberikan, tetapi langkah pemerintah untuk mengetahui kondisi warganya,” katanya.

La Utu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam memberikan bantuan bagi korban bencana alam. “Penyaluran bantuan ini merupakan perintah langsung dari Bapak Bupati agar bisa membantu saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu. Diharapkan bantuan ini bermanfaat bagi saudara kita yang terkena bencana alam,” pungkasnya.

Terpisah, Pjs. Kepala Desa Galebo Muslim La Manengka mengungkapkan rasa terimakasih kepada pemerintah daerah Pulau Taliabu khususnya Dinas Sosial atas kepedulian dan bantuan yang dberikan.

“Kami berterima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat kami, dimana bantuan seperti ini sangat meringankan beban warga kami,” ungkapnya. (*****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *