oleh

Pekan Depan KPU Gelar Rapat Koordinasi Penertiban APK

-Politik-1.054 views
Soleman Patras Komisioner KPU Kota Ternate Divisi Hukum

TERNATE, Fokusmalut.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate dalam waktu dekat akan mengundang Bawaslu Kota Ternate, Pimpinan Partai Politik, Kesbangpol untuk menggelar rapat dalam rangka penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). “Kami sudah mempersiapkan surat undangan untuk rapat bersama dalam rangka penertiban APK,“ ungkap Soleman Patras Divisi Hukum KPU Kota Ternate, Kamis (10/1/2019).

Karena sejauh ini masih terdapat APK yang tidak sesuai standar. Padahal APK yang disediakan oleh KPU secara resmi sudah diberikan oleh peserta pemilu.

“Kami sudah serahkan APK sesuai standar kepada peserta pemilu tetapi masih saja terdapat APK illegal,” ujar Soleman ketika ditemui diruang kerjanya.

Lanjut Soleman, Senin depan KPU akan menggelar rapat bersama dengan Bawaslu dan Kesbangpol serta peserta pemilu lainnya agar menertibkan APK yang tidak sesuai dengan aturan tersebut.

“Jika hasil rapat sudah disepakati oleh unsur yang terlibat maka segera ditertibkan APK tersebut,” Akhirnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate Kifli Sahlan, saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Dirinya mengatakan bahwa langkah ini telah diambil oleh Bawaslu Kota Ternate lewat surat yang dilayangkan minggu lalu kepada KPU Kota Ternate dan tembusannya ke Bawaslu Maluku utara dan juga pemerintah dalam hal ini Walikota, Satpol PP, Kesbangpol, Disperkim serta dinas terkait lainnya.

“Surat itu bermaksud untuk himbauan kepada KPU Ternate agar secepatnya memediasi rapat koordinasi dengan pemerintah dan Bawaslu dalam rangka melakukan penertiban APK yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” ungkap Kifli.

Dalil yang dipakai oleh Bawaslu Ternate, lanjut Kifli, ialah menindaklanjuti surat edaran yang telah disampaikan oleh Bawaslu Maluku utara ke Bawaslu Kabupaten/Kota. Selain itu  surat edaran dari KPU Maluku utara Nomor 154 dan 157, yang mana memerintahkan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/kota juga pemerintah agar melakukan penertiban APK.

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPU ternate dan katanya senin depan sudah dilaksanakan rapat bersama,” kata kifli.

Ketika dimintai tanggapan rapat tersebut, Kifli Sahlan mengatakan Bawaslu Kota Ternate sangat merespon dengan baik. Baginya Penertiban APK segera dilaksanakan mengingat banyak caleg yang sudah melanggar ketentuan perundangan yang berlaku.

“Ketentuan perundang-undangan yang dimaksud itu PKPU No. 28 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum, didukung oleh Peraturan Walikota nomor 8 tahun 2013,” jelasnya. (ieL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *