oleh

Pemdes Mananga Serahkan BLT DD Kepada 40 KK

-Daerah-1.075 views
Kades Mananga Hasrul Gailea menyerahkan BLT Dana Desa kepada warga di Kantor Desa Mananga | Foto: Pemdes Mananga.

TALIABU – Pemerintah Desa (Pemdes) Mananga Kecamatan Taliabu Utara Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara, Jum,at (18/5/2020) kemarin telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa tahap I kepada 40 Kepala Keluarga (KK).

Penyerahan BLT Dana Desa tahap I ini diserahkan oleh Kepala Desa Mananga, Hasrul Gailea. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Mananga, Jum’at (18/5/2020).

Hasrul mengatakan bahwa pemerintah pusat telah menetapkan berbagai kebijakan untuk membantu masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya yaitu melalui BLT Dana Desa yang dibagikan kepada masyarakat yang memnuhi kriteria untuk menerima bantuan senilai Rp 600.000 per bulan.

“Pandemi Covid-19 ini berdampak untuk kesehatan dan ekonomi, sampai saat ini belum ada satupun obat yang untuk menyembuhkan virus ini sehingga dampak kesehatn dan ekonomi sangat terganggu luar biasa,” kata Hasrul.

Bantuan BLT ini, kata Hasrul merupakan bantuan yang bersumber dari Dana Desa. Selain itu, ada juga Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dari Kementerian Sosial, PKH dari Kemneterian Sosial dan Bantuan Sosial Tunai.

“Begitu banyak program pemerintah yang diprioritaskan bagi masyarakat, dan saat ini terdapat 40 KK yang menerima BLT Dana Desa, dan tahap II mungkin terdapat penambahan penerima BLT Dana Desa yang bakal diserahkan pada tanggal 21 Mei 2020,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya penerima bantuan Dana BLT, agar masyarakat tidak boleh tergantung kepada bantuan, tetapi harus selalu bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bertani dan terus berdaptasi sesuai waktu dan situasi.

“Saya menghimbau kepada masyarakat supaya tidak tergantung kepada bantuan karena bantuan ini hanya berupa Stimulan (sementara saja) karena Pandemi Covid 19,” katanya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar bekerja sama untuk mencegah penularan Covid-19 dengan cara selalu berdoa dan berpola hidup sehat, menggunakan masker ketika bepergian keluar, selalu mencuci tangan dan bahu membahu untuk bersama membasmi penularan Covid-19.

“Kami bekerja sama dengan Satuan Limnas di desa Mananga ini untuk membangun satu posko untuk mencegah penyebaran Virus Corona di wilayah desa kami,” ungkapnya. (Ad)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *