oleh

Polisi Ringkus ‘Amat Edet’ Pelaku Pemerasan Kepala Puskesmas Saketa

-Kabar Utama-2.484 views
Pelaku pemerasan Muhammad Saifudin alias Amat Edet saat diamankan Kapolsek di Bandara Oesman Sadik

HALSEL – Jajaran Polsek Saketa Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera selatan berhasil meringkus Muhammad Saifudin alias Amat Edet warga asal Gane Halsel. Amad Edet diringkus lantaran diduga melakukan pemerasan terhadap korban atas nama Darmo Umar selaku Kepala Puskesmas Saketa, Halmahera Selatan (Halsel) senilai Rp50 juta berapa waktu lalu.

Darmo Umuar (Korban) yang diketahui sebagai Kepala Puskesmas Saketa melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Saketa lalu ditindaklanjuti oleh tim Polsek. Kurang lebih 2 hari setelah laporan itu dan pemeriksaan beberapa saksi, pelaku berhasil dibekuk tim gabungn Polsek dan Polres Halsel tanpa perlawanan di kelurahan Stadion kecamatan Ternate Tengah, kota Ternate pada Senin 23 Desember 2019 dipimpin langsung Kapolsek Saketa, Ipda. Mardan Abdurahman.

“Penangkapan ini berdasarkan surat perintah Kapolres Halsel, AKBP. M. Faishal Aris,” tegas Kapolsek Saketa.

Dikatakan, pengungkapan kasus ini bermula saat korban (kepala Puskesmas) datang ke Polsek Saketa melaporkan kejadian pemerasan yang dilakukan oleh Muhammad Saifudin bersama beberapa kawan-kawannya. Muhammad Saifudin alias Amat Edet juga sebagai ketua DPD Korps Pejuang Pemuda Pemudi Indonesia (KPPPI) Maluku Utara (Malut) ini meminta uang senilai Rp 50 juta kepada kepala Puskesmas Saketa Darmo Umar, jika tidak diberikan maka Amad Edet Cs akan melakukan aksi sekaligus membawa masalah dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Pusekesmas Saketa ke ranah hukum. Takut karena diancam korban pun menyerahkan uang sebesar Rp50 ke pelaku (Amad Cs) di  Desa Marabose beberapa waktu lalu.

Menurut Kapolsek, setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya telah memeriksa beberpa saksi dan langsung mengerahkan tim yang dipimpin oleh Ia sendiri untuk mencari dan menemukan pelaku pemerasan sesuai yang dijelaskan oleh korban. Akhirnya tim berhasil mendapat informasi dan menangkap pelaku di kota Ternate.

“Akhirnya, pada hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sekitar jam 09.00 Wit,  Tim Polsek bersama unit Polres melakukan penangkapan di kelurahan Stadion dan berhasil menangkap pelaku. Setelah dilakukan introgasi Muhammad Saifudin alias Amat Edet (pelaku) mengaku bahwa ia telah melakukan pemerasan, “imbuhnya.

Sementara, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Halsel, Iptu Dwi Gastimurwanto, mengatakan, dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi sudah memenuhi bukti permulaan. Untuk keterangan lebih lanjut akan disampaikan setelah pemeriksaan pada Senin malam (23/12) di Mapolres Halsel.

Sekedar diketahui pelaku pemerasan Amat Edet ditangkap di Ternate. Sebelum dibawa ke Polres Halsel menggunakan maskapai Wings Air, Amat sempat dititip beberapa jam di Polres Ternate. Amat Edet baru tiba di Halsel sekira pukul 17.55 WIT.

(bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *