oleh

Polres Haltim Gelar Pasukan dan Deklarasi Pilkades Damai

Penandatanganan deklarasi damai oleh Calon Kepala Desa, Pemerintah serta Polres/TNI

MABA – Polres Halmahera Timur (Haltim) melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemiihan Kepala Desa (Pilkades) serentek pada 20 Desember 2018 besok, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai oleh Calon Kepala Desa (cakades) Se Haltim yang disaksikan oleh  unsur TNI/Polri jajaran Haltim, Forum Pimpinan Daerah, Camat dan tokoh masyarakaat kabupaten Halmahera Timur, yang berlangsung di halaman Mapolres Haltim, Selasa, (18/12/2018) kemarin.

Kapolres Halmahera Timur. AKBP Driyano  A. Ibrahim, SH, SIK bertindak sebagai pimpinan apel, dalam amanatnya, kapolres Haltim menyampaikan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini, bertujuan untuk mengecek kesiapan  dan kelengkapan sarana anggota sebelum diterjunkan ke lapangan.

Dikatakan, Polri  sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, wajib mengawal menjaga dan mengamankan Pilkades serentak, yang dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif,memperkokoh kerjasama dengan pihak pemerintah, penyelenggara Pilkades maupun pihak TNI dengan masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar pesta demokrasi Pilkades serentak dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokrasi.

“ Berbagai potensi kerawanan  bisa terjadi, sehingga untuk mencegah hal itu, memerlukan perhatian serius dari kita semua untuk sekiranya dapat menantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2018 di wilayah Haltim ini,” kata Kapolres

Menurut,AKBP Driyano, setiap anggota Polri yang melaksanakan PAM, akan mengedepankan giat preventif yang didukung dengan  kegiatan intelijen dan penegakan hukum. Dalam implementasinya akan dilakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian dilapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polres dan Polsek-Polsek jajaran yang melibatkan seluruh anggota  sebanyak 285 anggota.

“ Seluruh anggota yang melaksanakan PAM akan disebarkan ke seluruh TPS di desa-desa,terutama wilayah yang jarak tempuhnya cukup jauh yang dianggap rawan terjadi gangguan kamtibmas, maka akan menjadi prioritas Kami,” tegas Kapolres

Pada pelaksanaan apel tersebut, turut hadir Staf Ahli Bupati M. Djen Mandar, Wakapolres Haltim Kompol Surahman, Danramil 1505-04 Maba, Mayor Inf Kusaeri, Para Camat se-Kabupaten Haltim, Danton Satgas Pamrahwan Yonif 731  Kabaresi, Para Ketua BPD se Kabaputaten Haltim, Para Kades dan para calon Kades se-Halmahera Timur.

Pada kesempatan itu, Bupati Haltim yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati M. Djen Manda, menghimbau setiap Cakades agar dapat berkomitmen dan bersama-sama menyelenggarakan serta menyukseskan Pikades serentak tahun 2018 di Kabupaten Halmahera Timur dengan aman, damai dan nyaman,” harap Bupati yang diwakili oleh Staf Ahli dalam sambutanya kemarin.

(Pan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *