oleh

Proyek Air Tanpa Papan informasi Disorot Warga Sobobe

-Daerah-2.214 views
Pembangunan Pamsimas di Dusun Sobobe, Desa Waigitang Kabupaten Halsel. [ Foto : IL/Fokus Malut ].

LABUHA – Proyek Pamsimas (Penyediaan Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang dibangun di Dusun Sobobe, Desa Waigitang, Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, disoroti warga setempat.

Pasalnya, anggaran proyek air bersih bersumber dari APBD tahun 2019 dan hampir selesai dikerjakan. Namun, papan informasi sebagai bentuk transparansi informasi publik tidak terlihat di lokasi proyek, sehingga menimbulkan kecurigaan dari masyarakat.

Salah satu tokoh pemuda Sobobe Budi S Boko kepada media ini mengatakan, warga setempat mengakui pembangunan air bersih itu mendapat dukungan positif dari masyarakat, “tetapi ada kecurigaan yang muncul lantaran sumber dana maupun kejelasan volume tidak dituangkan dalam papan informasi itu,” tutur Budi kepada Focus Malut, Selasa (19/11/2019).

Budi menegaskan, “sebagai masyarakat kami memiliki hak untuk tahu dalam penggunaan dana yang jelas, apalagi lokasi pembangunannya ada di wilayah Desa dan Dusun kami lalu tidak menampakan papan proyek,” tegasnya.

“Wajar saja, jika masyarakat menanyakan asal-usul anggaran proyek yang bersumber dari anggaran pemerintah, seperti tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik,” tambahnya.

Masyarakat Dusun Sobobe memberikan warning kepada kontraktor Mariyani agar secepatnya memasang papan informasi terkait proyek air bersih.

“Jangan sampai hal ini timbul pertanyaan akibat tidak adanya keterbukaan informasi publik. Maka kami dari masyarakat memberikan warning kepada kontraktor (Ibu Mariyani) yang melaksanakan kegiatan dimaksud agar secepatnya membuat papan informasi,” singkatnya.

Hingga berita ini dipublish, pihak kontraktor masih sulit dihubungi.

[IL Fcs]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *