oleh

Proyek Dinas Kesehatan Pultab Jadi Temuan BPK

-Kabar Utama-2.130 views
Ilustrasi

TALIABU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Maluku Utara menemukan ratusan juta rupiah laporan pertanggungjawaban tidak rill pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Taliabu (Pultab).

Pasalnya, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK atas laporan pertanggungjawaban dinas kesehatan terkait pembangunan rumah dinas di Desa Gela dengan nilai kontrak senilai Rp 1.394.547.947,48 baru direalisasikan 30%.

“Pembayaran atas pekerjaan telah direalisasikan sebesar Rp 418.364.384,00 berdasarkan SP2D nomor 1789/SP2D-LS/1.02,01,01/2018 tanggal 13 Agustus 2018,” ungkapnya.

Setelah BPK bersama dengan Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu serta pihak Dinas Kesehatan pada 16 Februari 2019 melakukan pemeriksaan fisik di lapangan, diketahui bahwa pekerjaan tersebut tidak selesai dikerjakan sampai dengan masa kontrak berakhir pada 18 November 2018.

“Proses pekerjaan baru sebesar 35% dari total item pekerjaan, yaitu pekerjaan pendahuluan, pekerjaan tanah dan pondasi, serta sebagian pekerjaan beton,” pungkasnya.

Berdasarkan keterangan dari PPK inisial KM menyatakan, PPK belum melakukan pemutusan kontrak dengan alasan yang bersangkutan tidak mengetahui prosedur pemutusan kontrak.

“Hal ini bertentangan dengan ketentuan bahwa kontraktor bersama dengan PPK bertanggungjawab sepenuhnya atas penyelesaian proses pekerjaan,” tegasnya.

Untuk keseimbangan dalam pemberitaan,  redaksi sudah mendatangi kantor dinas kesehatan dan menghubungi via Handphone namun hingga berita ini dipublish kepala dinas kesehatan Pulau Taliabu belum berhasil dikonfirmasi.

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *