Rayakan Idul Adha 1444 H, Harita Nickel Salurkan 31 Sapi dan 3 Kambing

penyerahan Daging Qurban

HALSEL – PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 31 ekor sapi dan 3 ekor kambing dalam rangka merayakan Idul Adha 1444 H / 2023 M.

Head of Community Affairs Harita Nickel, Latif Supriadi mengatakan penyaluran hewan kurban rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud ungkapan syukur dan kepedulian Harita Nickel kepada masyarakat sekitar operasional perusahaan.

“Melalui momen perayaan Idul Adha tahun ini, masyarakat khususnya di sekitar operasional perusahaan diharapkan bisa merasakan manfaat secara langsung keberadaan Harita Nickel serta mempererat tali silaturahmi antara perusahaan dan masyarakat,” kata Latif, Kamis (29/6/2023).

Lebih lanjut disampaikan, seluruh bantuan hewan kurban telah disalurkan sebelum Idul Adha 1444 H yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dari total 34 hewan kurban tersebut, sebagian besar didistribusikan ke desa-desa di sekitar operasional Harita Nickel di Pulau Obi. Sebanyak 18 desa yang tersebar di tiga kecamatan masing-masing menerima satu ekor sapi.

“Hewan kurban diserahkan secara langsung kepada imam selaku pemuka agama Islam di masing-masing desa, dengan disaksikan unsur pemerintahan desa setempat,” terangnya.

Sementara 16 hewan kurban lainnya disalurkan ke beberapa daerah yakni Kecamatan Bacan di Halmahera Selatan, Kota Ternate di Maluku Utara dan juga di sekitar kantor Harita Nickel di Jakarta. Dalam penyalurannya, perusahaan menggandeng sejumlah mitra dari instansi pemerintahan, organisasi kemahasiswaan hingga organisasi media. Sebagian lagi didistribusikan melalui sejumlah takmir masjid dan yayasan.

Kepedulian Harita Nickel terhadap masyarakat, khususnya di Pulau Obi, mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan baik dari pemerintah maupun tokoh agama setempat.

Camat Obi, melalui Sekretaris Kecamatan Risno Tjia, dalam sambutan penyerahan hewan kurban di wilayahnya yang dipusatkan di Desa Laiwui, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Harita Nickel. Dia mendorong agar kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara perusahaan dan masyarakat dapat terus ditingkatkan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Harita Nickel untuk seluruh masyarakat desa di Kecamatan Obi. Semoga bantuan hewan kurban ini dapat bermanfaat bagi warga yang berhak menerima dan membutuhkan,” kata Risno.

Baca Juga:  Gafarudin: Penunjukan Pjs. Bupati Taliabu Sesuai SK Mendagri

Senada, apresiasi juga disampaikan pemerintah desa dan tokoh agama di Kecamatan Obi Selatan. Kepala Desa Gambaru, melalui Sekretaris Desa Imanuel Sousa menyampaikan bahwa bantuan hewan kurban yang diserahkan Harita Nickel sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan kepada masyarakat di Pulau Obi.

“Atas nama pemerintah desa dan seluruh masyarakat desa Gambaru, kami mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kami berharap kehadiran perusahaan dapat membantu program pemerintah desa untuk mensejahterakan warga di sini,” ucapnya, diamini oleh imam Desa Gambaru, Guntur Flori

Tentang Harita Nickel

PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel merupakan bagian dari Harita Group yang mengoperasikan pertambangan dan hilirisasi nikel terintegrasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Selain memiliki IUP Pertambangan, perusahaan sejak 2016 telah memiliki pabrik peleburan (smelter) nikel saprolit dan sejak 2021 juga memiliki fasilitas pengolahan dan pemurnian (refinery) nikel limonit di wilayah operasional yang sama. Kedua fasilitas tersebut hadir untuk mendukung amanat hilirisasi dari pemerintah Indonesia dengan memanfaatkan hasil tambang nikel dari Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS). Melalui Halmahera Persada Lygend (HPL), Harita Nickel menjadi pionir di Indonesia dalam pengolahan dan pemurnian nikel limonit (kadar rendah) dengan teknologi High Pressure Acid Leach (HPAL). Teknologi ini mampu mengolah nikel limonit yang sebelumnya tidak dimanfaatkan, menjadi produk bernilai strategis berupa Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). Dengan teknologi yang sama, MHP sebagai intermediate product telah berhasil diolah menjadi produk akhir berupa Nickel Sulfat (NiSO4) dan dalam waktu dekat juga akan diolah menjadi Kobalt Sulfat (CoSO4). Nikel sulfat dan kobalt sulfat merupakan material inti pembuatan katoda sumber energi baru, yaitu baterai kendaraan listrik.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *