oleh

Reformer Samin Marsaoly Gagas Inovasi Pengembangan Dunia Parawisata

Penjelasan Reformer Samin Marsoly Dalam FGD di Hotel Batik

 

TERNATE – Reformer Samin Marsaoly menggagas sebuah inovasi untuk pengembangan dunia pariwisata di Kota Ternate. Gagasan ini merupakan inovasi Proyek Perubahan (Proper) Diklat PIM II Angkatan XXII Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly, S.STP di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Bali.

Menurut Reformer Samin Marsaoly saat melaksanakan Focus Group Diacussion (FGD) bertempat di Hotel Batik, jalan Kapitan Patimura, Kelurahan Stadion Ternate Tengah, Jumat (5/10/2018) kemarin.

Menyampaikan melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, berencana membangun Tourism Information Center (TIC) di kawasan pusat kota dan Bandar Udara (Bandara) Sultan Babullah Ternate.

“ TIC yang dibangun Pemkot melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate ini adalah inovasi Proper Diklat PIM II Angkatan XXII di BPSDM Provinsi Bali,” kata Samin

Peserta FGD

Pada kesepatan itu, FGD yang mengusung tema Ternate Beyond – TIC melibatkan sejumlah stakeholder di bidang kepariwisataan termasuk pemilik hotel, salon dan spa serta agen-agen perjalanan wisata di Kota Ternate.

Dalam pemaparannya Samin menyatakan, Ternate Beyound – Tourism Information Center atau TIC adalah  inovasi pengembangan pariwisata di Kota Ternate. Dengan adanya pusat informasi turis (TIC), kata Dia, para wisatawan yang datang ke Ternate akan dengan mudah mendaptkan berbagai informasi tentang obyek wisata.

Sehingga turis mancanegara ataupun turis domestik kedepan saat mengunjungi Kota Ternate tidak akan nyasar karena pusat informasi akan memberikan gambaran secara detail tempat wisata yang dituju beserta rute dan angkutan yang bisa digunakan,” ucap Dia

Sedangkan untuk pusat informasi turis yang dibangun, akan berlokasi di pusat kota, tepatnya di kawasan jembatan Resident dan di sekitar areal Bandara sebagai salah satu pintu masuk selain pelabuhan tentunya.

FGD yang dilaksanakan oleh reformer Samin Marsaoly ini mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk pemilik dan pengelola hotel serta agen-agen perjalanan wisata serta stakeholder lainnya.

Selain itu juga dukungan pelaku usaha pariwisata di Kota Ternate, salah satunya dari Grand Daffam hotel serta Aosiasi Travel dan Agen (ASITA). (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *