oleh

Rekrut Panwascam Untuk Pilkada 2020, Bawaslu Halsel Gunakan Sistem CAT

-Daerah-1.951 views
Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim, SH. [ Foto : Ist/Fokus Malut ]

LABUHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan akan mulai melakukan proses perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk kebutuhan Pilkada 2020 pada bulan November mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halsel, Kahar Yasim saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (30/10/2019).

Menurut Kahar, pihaknya saat ini tengah mempersiapakan beberapa hal menjelang perekrutan itu. Salah satunya merancang kegiatan sosialisasi tahapan perekrutan panwascam serta menunggu arahan dari Bawaslu Pusat melalui jajaran Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

Dia juga mengatakan, dalam kegiatan Bawaslu Award pekan kemarin Ketua Bawaslu RI telah menyampaikan bahwa seluruh unsur pimpinan Bawaslu RI telah memplenokan terkait dengan metedologi tes seluruh jajaran Ad Hock seperti CAT (Computer Assisted Test).

“Ya kami masih menunggu dulu teknis perekrutannya seperti apa. Melalui seleksi tertulis kah atau sistem CAT (Computer Assisted Test), tetapi dalam kesepakatan unsur pimpinan itu telah menyepakati tes menggunakan sistem CAT,” ujarnya.

Untuk jumlah Panwascam, lanjut Kahar Yasim, bila melihat total Kecamatan di Kabupaten Halsel sebanyak 30 Kecamatan dan masing-masing kecamatan terdiri dari 3 personil setidaknya ada 90 petugas yang dibutuhkan nanti.

“Soal apakah para Panwascam di Pemilu 2019 lalu akan dikembali difungsikan tentu bisa saja, tetapi semyanya harus melalui tahapan seleksi,” tegasnya.

Kahar juga menjelaskan, salah satu poin penting mengapa Panwascam harus terbentuk lebih awal daripada perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), menurutnya, segala bentuk kegiatan KPU harus di bawah pengawasan Bawaslu.

“Kita kan akan mengawasi tahapan perekrutan PPK oleh KPU karena itu kami yang harus terbentuk lebih dulu dari pada teman-teman PPK,” ucapnya.

Hanya saja, Kahar mengaku belum menentukan jadwal perekrutan panwascam di Halsel karena masih menunggu juknis.

Namun yang pasti, katanya, perekrutan penyelenggara ad hoc di 30 kecamatan dilaksanakan November 2019.

“Tanggalnya belum ada tapi yang pasti bulan November. Setelah panwascam, panwas desa/kelurahan kita bentuk lagi,” tambahnya.

Kahar menambahkan, syarat umum bagi pendaftar diantaranya, minimal berusia 25 tahun dan berpendidikan paling rendah SLTA dan sederajat. [ IL Fcs ]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *