Resmi Dilantik, 90 Panwaslu Halsel Diingatkan Jaga Integritas

Ketua Bawaslu Halsel Asman Jamel saat Melantik dan pengambilan sumpah janji kepada 90 Panwaslu Halsel. Sabtu (29/10/22) tadi

HALSEL – Bawaslu Halmahera Selatan resmi melakukan Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji sekaligus pembekalan kepada 90 anggota Panwaslu tingkat kecamatan di kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada Pemilu serentak tahun 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji tersebut dilakukan oleh Ketua Bawaslu Halsel Asman Jamel yang berlangsung di hotel Buana Lipu desa Mandoang Bacan pada,Sabtu (29/10/22) tadi.

Dimana dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Halmahera Selatan, Ir Saiful Turui, Ketua KPU Halsel Muhammad Agus, Ketua Bawaslu Halsel Asman Jamel, Komisioner Bawaslu Halsel Kahar Yasim, Rais Kahar, Pihak TNI Polri dan seluruh staf Bawaslu Halmahera Selatan.

Usai pelantikan Ketua Bawaslu Halsel Asman Jamel, menyampaikan bahwa sebanyak 90 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Halsel akhirnya sudah resmi dilantik, dari 90 orang beberapa diantaranya merupakan wajah lama anggota Panwaslu kecamatan.

“Jadi 90 orang itu nanti akan mengisi di 30 kecamatan di Halmahera Selatan yang mana masing-masing nanti akan di isi 3 orang,” ujarnya.

Dilantiknya anggotan Panwaslu kecamatan ini, ia berharap agar semuanya bisa bersinergi dengan baik serta menjaga integritas dalam rangka mengawal Pemilu 2024.

Saat ini ke 90 anggota Panwaslu kecamatan tersebut telah dibagi ke masing-masing kecamatan. Meski demikian Asman mengatakan untuk saat ini pihaknya meminta agar Panwaslu masing-masing kecamatan bisa sesegeranya melakukan pleno pemilihan ketua.

“Setelah dilantik ini kami harapkan mereka bisa segera melakukan pleno untuk menentukan siapa yang menjadi ketua dan anggota,” bebernya.

Baca Juga:  Dalam LHP BPK, Dikbud Malut Terungkap Segudang Masalah

Selanjutnya kepada seluruh Panwaslu diminta untuk menentukan divisi di masing-masing anggota tersebut. Kemudian dibuatkan berita acara yang nanti disampaikan ke Bawaslu Halsel,” sambungnya.

“Mulai hari ini mereka sudah sah menjalankan tugasnya sebagai Panwaslu Kecamatan,”kata Kahar Yasim yang juga Ketua Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Halsel.

Mereka akan menjalankan tugas pengawasan sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 7 Tahun 2017, termasuk mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kemudian selama dua hari setelah dilantik seluruh anggota Panwaslu Kecamatan akan mengikuti pembekalan oleh Bawaslu kabupaten Halsel sebagai upaya memperkuat kesiapan dalam menghadapi pengawasan Pemilu 2024, di tengah sudah bergulirnya tahapan Pemilu.

“Jadi mereka akan mengikuti pembekalan, dengan narasumber yang kompeten di bidangnya, dalam rangka memperkuat kelembagaan dan organisasi Panwaslu kecamatan dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan, termasuk memaksimalkan upaya pencegahan dan melakukan pengawasan partisipatif ke masyarakat secara luas,” jelas Kahar

Sementara Kordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Halmahera Selatan, Rais Kahar meminta Panwaslu kecamatan untuk tetap menjaga solidaritas, integritas dan profesionalisme dalam melakukan tugas-tugas pengawasan.

“Selamat kepada 90 anggota Panwaslu Kecamatan yang sudah dilantik, selamat bergabung dan selamat bekerja serta jaga solidaritas, integritas dan profesionalisme dalam bekerja melakukan pengawasan di lapangan,” pinta Rais menambahkan. (Adv)

ed: Sahmar Ebamz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *