Sekda Pulau Taliabu Buka STQ ke-V Tingkat Kabupaten

Sekda Pulau Taliabu, Salim Ganiru mewakili Bupati Aliong Mus, saat resmi membuka kegiatan STQ ke-V Tingkat Kabupaten Pulau Taliabu.

TALIABU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulau Taliabu, Salim Ganiru mewakili Bupati Aliong Mus, resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-V Tingkat Kabupaten Pulau Taliabu, Jumat (17/3) sore.

Saat membacakan sambutan Bupati Taliabu, dia menyampaikan selamat datang kepada seluruh kafilah kecamatan se-kabupaten Pulau Taliabu.

“Selamat datang kepada saudara-saudari dari kafilah di ibukota Kabupaten Pulau Taliabu,” ucapnya.

Salim menyebutkan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Hal itu patut dibanggakan dan disyukuri.

“Namun kuantitas saja tanpa dibarengi dengan kualitas yang sepadan, kiranya visi Islam untuk menjadi rahmatan lil alamin sulit tercapai,” imbuhnya.

Baca Juga:  Irham Hanafi Nahkodai APDESI Halsel

Untuk berpijak pada Al Qur’an dan Hadist, lanjut Salim, umat Islam wajib memperbaiki kualitas pribadi umatnya secara menyeluruh. Kunci perbaikan kualitas menuju sumber daya insani yang tangguh, tanggap dan berakhlakul karimah hanyalah jika Al Qur’an dan Hadist dibaca, dipahami maknanya dan diamalkan.

“Jadi, melalui penyelenggaraan seleksi tilawatil qur’an tingkat Kabupaten Pulau Taliabu ini kita berikhtiar agar Al Qur’an senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan. Agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Al Qur’an sebagai pedoman hidup kita, maka syiar Islam ditempuh diantaranya melalui bidang seni, salah satunya melalui seleksi tilawatil qur’an ini,” ujarnya.

“Motifasi yang mendasari kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an menjadikannya sebagai serta pedoman hidup adalah karena dorongan iman dan niat yang tulus yang bermuara pada kerinduan meraih ridha Ilahi, dorongan iman ini dapat diartikan sebagai puncak kecerdasan spritual,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemkab Taliabu Terima Penghargaan Implementasi Kurikulum Merdeka

Lebih lanjut dia menyebutkan, bahwa dengan insan yang memiliki kecerdasan spritual maka akan terpantul semangat lahir dan batin dalam beribadah untuk meraih surga sebagai puncak kebahagiaan.

“Kita membutuhkan manusia-manusia yang cerdas intelektual dan emosionalnya, tapi kita lebih membutuhkan manusia yang tangguh yang cerdas spiritualnya yang selalu menaburkan benih kebaikan dan memupuk kebaikan itu serta menjadikan dirinya manusia pilihan dan paripurna eksistensinya, dengan yang keberadaan dengan dirinya mampu memberi manfaat kepada sesama,” ujarnya

Baca Juga:  Aliong Mus Bertekad Bangun Rumah Sakit Modern di Taliabu

Melalui momentum STQ ini, ia berharap hendaknya juga menjadi momentun bagi umat Islam di Pulau Taliabu untuk kembali membuka Al-Qur’an, memulai membacanya, dan berupaya untuk memahami secara komprehensif isi kandungannya.
“Selamat ber-musabaqah, berikan usaha dan penampilan yang khoirot, berlomba-lomba terbaik dalam fastabiqul kebaikan, termasuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di ajang ini,” katanya.

“Mari kita panjatkan do’a keselamatan, semoga penyelenggaraan STQ di Kabupaten Pulau Taliabu ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses sesuai harapan kita semua. Mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan STQ di Tingkat Kabupaten Pulau Taliabu ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kita berharap akan lahir generasi Qur’ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta,” harapnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *