oleh

Sek KNPI Halsel: Pemuda Pewaris Sah Masa Depan Bangsa

Sekertaris DPD KNPI Halsel, Ananta Rizky Raya Perdana Sidik

HALSEL – Sekertaris Umum DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halmahera Selatan, Ananta Rizky Raya Perdana Sidik, mengajak segenap pemuda dan Pemudi se Halmahera Selatan untuk tergabung dalam wadah berhimpun organisasi kepemudaan agar kembali bersatu.

Ananta Rizky Raya Perdana Sidik mengungkapkan, sebagai organisasi kepemudaan, KNPI Halsel merupakan wadah berhimpun yang memiliki latar belakang dan pendidikan yang sangat plural dan dinamis, sehingga KNPI memiliki peran penting dalam membangun karakter pemuda.

Menurut dia, tidak mudah membangun sebuah organisasi kepemudaan. Pasang surut organisasi ini telah dilalui. Sehingga dinamika di tubuh organisasi kepemudaan itu cukup dinamis.

“Oleh sebab itu, Saya dan Kak Ivan berharap bahwa Musyawara Daerah KNPI Halsel nanti sebagai ajang pemersatu bagi organisasi KNPI yang sempat mengalami perpecahan itu,” kata Ananta Rizky Raya Perdana Sidik dalam keterangan persnya, Minggu (10/10/21).

Perpecahan di tubuh KNPI Halsel saat ini, lanjut Ananta, bukan hanya berimbas pada organisasi itu sendiri, tetapi juga berdampak pada konflik di tubuh OKP yang ada di bawahnya, karena dukung mendukung kepada salah satu kubu.

“Oleh karenanya, kami membuka ruang agar pemuda yang terpecah belah agar kembali menyatu dalam wadah berhimpun KNPI pada Musda yang kami gagas ini,” imbau putra sulung Bupati Halsel ini.

Sebagai insan ideolog, menurut Ananta, sejatinya pemuda harus mampu keluar dari jebakan pragmatis. Sebab, nasib Daerah saat ini dan ke depan tetap menggantungkan peran konstruktif pemuda. Pemuda harus terpanggil untuk membagun kesadaran secara kedaerahan maupum nasional di tengah krisis yang multidimensi ini. Untuk itu, kehadiran KNPI dalam panggung daerah diharapkan mampu memberikan peran dalam rangka mengawal pertumbuhan ekonomi-sosial-budaya. Jadi tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini cukup kompleks.

Baca Juga:  Dihantam Gelombang dan Angin Kencang, KLM Husna Jaya Tenggelam Diperairan Pulau Taliabu

Dia berharap dengan penyatuan nanti, agar KNPI ke depan mampu menjadi agen perubahan yang konstruktif bagi kepentingan daerah, bangsa dan negara, kini dan akan datang. Pemuda harus berakal sehat dan cerdas nuraninya.

“Kedua instrumen ini akal dan hati akan menjadi penentu hasil yang fantastik. Inilah arah baru KNPI yang perlu direformulasi dalam visi-misi baru KNPI sesuai perkembangan zaman. Karena pemuda pewaris sah masa depan bangsa,” katanya. “Dengan mengutip pernyataan proklamator kita Bung Karno yang pernah menegaskan, ‘Kirimkan 10 pemuda terbaik niscaya akan kuguncang dunia’. Sebuah pernyataan spikologis yang membakar karena entitas pemuda memang penuh gelora,” imbuh Ananta.

Dalam potret pemuda yang digambarkan Bung Karno itu, kata Ananta, harus menjadi karakter pemuda yang ada dalam KNPI. Pemuda Halsel haruslah responsif, berkarakter, berdidikasi, berakhlak mulia termasuk kemampuan menghargai aneka kebhinekaan dengan tulus, bukan kepura-puraan.

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *