oleh

Soal Diskualifikasi AGK-YA, KPU Malut Siap Tindak Lanjut

-Politik-217 views

Ternate – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menindaklanjuti surat rekomendasi Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) terkait disklualifikasi terhadap pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali (AGK-YA).

Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo mengatakan, rekomendasi tersebut baru diterima Jum’at dini hari, serta wajib hukumnya untuk ditindaklanjut, dikarekan AGK-YA telah melakukan suatu pelanggaran Pemilu sebagaimana tercantum dalam Pasal 71 ayat (5) undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

“Rekomendasi baru diterima Jum’at dan langsung ditindaklanjuti ke KPU-RI untuk kaji lebih lanjut, mengenai eksekusi rekomendasi diskualifikasi Paslon AGK-YA, kita juga harus konsultasi ke KPU-RI, yang pastinya setiap rekomendasi wajib ditindak lanjut,” kata Syahrani.

Lanjut Syahrani, rekomendasi diskualifikasi yang dikeluarkan Bawaslu Malut terhadap Paslon AGK-YA KPU Malut menunggu hasil konsultasi dan kajian KPU-RI, karena Pilgub Malut masih sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Malut siap mengeksekusi hasil kajian yang dikonsultasikan ke KPU-RI.

“Kita punya waktu 7 hari kerja sejak terima surat rekomendasi, jadi nanti pembahasan internal KPU malut dan KPU-RI serta Kuasa Hukum, terkait rekomendasi diskualifikasi yang dikeluarkan Bawaslu terhadap Paslon AGK-Ya dalam Pilgub Malut 2018, Namun seperti apa keputusan, semua tergantung kajian dan pembahasan di KPU-RI”  jelas Syahrani.

Baca Juga:  Gelar Syukuran HUT Ke 13, Gerindra Malut Terget Menang di Tahun 2024

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *