Terbaik.. Kecamatan Pulau Makian Dapat Penghargaan ODF Dari Pemda

Camat Pulau Makian Ahmad Wahab S. Pd. berpose dengan piagam penghargaan yang diterima

HALSEL —  Sebanyak 30 kecamatan yang tersebar di kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) provinsi Maluku Utara (Malut) hanya kecamatan Pulau Makian satu satunya  kecamatan yang menerima penghargaan berupa sertifikat sebagai Kecamatan Open Defecation Free (ODF) atau kecamatan yang warganya sudah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), penghargaan tersebut diberikan langsung oleh plt Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba melalui asisten I bidang pemerintahan Halsel  Chaeruddin A Rahman kepada Kepala Camat Pulau Makian Ahmad Wahab S. Pd. 

Penyerahan penghargaan ODF ini diberikan langsung kepada Camat Pulau Makian Ahmad Wahab di halaman Kantor Bupati Halsel usai upacara Hari kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023.

Kepala Dinas kesehatan, Asia Hasyim , melalui rilis yang diterima media ini penghargaan ini adalah Deklarasi ODF merupakan pernyataan kecamatan yang telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat, setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Asia menjelaskan Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

“Penghargaan ini diberikan atas partisipasi seluruh masyarakat kecamatan Pulau Makian yang sadar untuk tidak buang air besar disembarang tempat.  Dari 2467 kepala keluarga yang ada telah seluruhnya mengakses jamban sehat,” ungkap Kadinkes. 

Baca Juga:  Sambut Rombongan Satgas TNI 1510, Wabup Pultab Ramli: Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *