oleh

Terdampak Abu Vulkanik. Warga Minta Tambahan Masker

-Daerah-192 views
Dampak abu vulkanik di Kelurahan Takome

TERNATE – Warga yang terdampak abu vulkanik letusan Gunung Gamalama di kelurahan Takome, Loto dan Kelurahan Togafo mengharapkan instansi terkait menambah masker.  Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ternate sendiri telah memberikan masker di sejumlah Kelurahan Kecamatan yang terkena dampak letusan Gamalama, Kamis (04/10/18) tadi.

Pihak BPBD kota Ternate, langsung membagikan masker dari beberapa gabungan instansi terkait diantaranya, pihak Basarnas,TNI,Polri, Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan,

Kepala BPBD Kota Ternate, Hasim Yusup, ketika dikonfimasi mengatakan pihaknya telah membagikan masker kepada warga yang kena dampak erupsi Gamalama, Ia juga mengimbau warga kota Ternate agar tidak panik dan terus mengupdate perkembangan informasi resmi dari pemerintah ataupun instansi terkait lainnya.

“  Gunung Gamalama saat ini hanya mengeluarkan abu tidak terlalu banyak dan ini bisa diantisipasi, warga harus tetap tenang dan waspada,” kata Kepala BPBD Kota Ternate Hasim Yusup.

Meski terdampak abu, masyarakat di tiga kelurahan itu masih beraktivitas seperti biasa. Jaim salah satu warga mengaku khawatir terkena dampak abu vulkanik. Sehingga ia pun mengharapkan ada bantuan tambahan masker agar warga aman beraktivitas,” harap warga.

Sekedar diketahui bahwa abu vukanik cukup membahayakan bagi kesehatan. Sebab abu vulkanik mengandung unsur mayor berupa silica, besi, kalium, dan belerang. Abu vulkanik bisa menyebabkan iritasi mata, penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), hingga gangguan pada kulit. Untuk pencegahan dianjurkan bagi warga yang bepergian harus menggunakan masker, mengenakan pakaian lengan panjang serta menggunakan kaca mata. (Qal)

Baca Juga:  Bupati Halsel Terima Penghargaan Dari BKKBN Pusat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *