oleh

Warga Tosomolo Nyaris Ricuh Diruang Asisten II

-Daerah-2.183 views

JAILOLO – Pertemuan warga Desa Tosomolo Kecamatan Loloda, Halmahera Barat (Halbar) di ruang Asisten II, Setda Halbar nyaris ricuh.

Kericuhan yang nyaris terjadi di ruang asisten II siang tadi, menyusul Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Hi. Fakar Lilla mengaku dihadapan warga, bahwa dokumen penyelesaian Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Tosomolo yang sudah disepakati bersama dalam bentuk berita acara yang ditandatangani oleh Calon Kepala Desa (Cakades) terpilih Agustinus Simus, Yordan Sebe Cakades nomor 03 dan nomor 01 Frans Sakalati, serta Panwas Desa, Camat Loloda maupun panitia kabupaten.

” Penetapan Cakades terpilih berdasarkan hasil hitungan penyebaran suara, karena pada saat perhitungan ditingkat desa, Cakades nomor 1 dan nomor 3 meraih suara imbang yakni 51-51,”jelas Fakar.

Fakar menegaskan, pertemuan yang digelar tadi siang, tidak lagi diberikan ruang kepada warga untuk menyampaikan gugatan, karena hasil pilkades Tosomolo sudah ditetapkan.

” Jadi hari ini tidak ada lagi gugatan, tapi warga hanya mendengarkan hasil penetapan dari Kabupaten,”tegasnya.

Penjelasan Fakar membuat warga naik pitam, salah satunya datang dari Daniel Tahe yang juga Cakades nomor 1, menurut Daniel ketua panitia telah melakukan pelanggaran dengan merubah berita acara yang awalnya sudah di sepakati bersama oleh panitia kabupaten dan masyarakat.

” Hasil kesepakatan antara warga dan panitia kabupaten telah dirubah oleh panitia kabupaten,”cetusnya.

Protes yang disampaikan oleh Hanisa, membuat warga makin marah kepada Sukur Lilla, sehingga nyaris terjadi bentrok di ruang asisten II. Beruntung bentrok terjadi tidak terlalu lama, karena rapat yang dihadiri Kepala Inspektorat Julius Marau, Kabag Pemerintahan Ramli Naser dan sejumlah anggota Satpol PP langsung melerai kejadian tersebut.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *