Buktikan Visi-Misi Aliong-Ramli, Jalan di Taliabu Selatan Mulai Dikerjakan

Pekerjaan jalan Pencado-Tabona, Kecamatan Taliabu Selatan.

TALIABU, Beritadetik.id – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  terus gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan penghubung antardesa dan kecamatan di wilayah setempat.

Langkah yang dilakukan sebagai upaya menjawab Visi – Misi Bupati dan Wakil Bupati Aliong Mus – Ramli (AMR) yang disampaikan saat momentum Pilkada kemarin.

“Sejauh ini Pemda Taliabu lewat Dinas PUPR terus konsen dalam pembangunan Infrastruktur dasar seperti Jalan, Jembatan ,”kata Kadis PUPR Taliabu, Suprayidno, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga:  Buka Musrembang Kecamatan Lede, Inilah Pesan Asisten Dua Setda Pulau Taliabu

Suprayidno mengatakan, di periode pertama hingga memasuki periode yang kedua, Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Aliong Mus – Ramli (AMR) terus berupaya menjawab apa yang menjadi tuntutan publik di wilayah setempat.

Hal ini kata Suprayidno, dapat dibuktikan dengan pekerjaan beberapa ruas jalan yang sedang dilakukan, baik di Taliabu Utara dan Selatan yang sudah tuntas dan atau yang masih dalam proses pekerjaan saat ini.

Sebagai contoh untuk wilayah Taliabu Selatan, pembuatan jalan lapen dari Samuya – Waikoka – Mantarara, kemudian Loseng – Sofan.

 

Selain itu pembukaan jalan (lapen dan butas) pada ruas jalan dari Tabona – Kataga, Tabona – Peleng Padodong, Pencado – Tabona.

Kemudian Kilo – Pencado (Lapen dan Butas) serta pembukaan Kawalo – Nggoli, Bobong – Kawalo.

Tidak sampai di situ, untuk program 2022, PUPR menganggarkan untuk pekerjaan d Taliabu Selatan yang sementara dikerjakan dan sedang dalam tahap mobilisasi.

Baca Juga:  Bupati Sentil Empat Hal Jalannya Roda Pemerintahan

Untuk status jalan lapen meliputi, Holbota – Kawalo 13 Km, Sumbong – Pencado 9 Km lapen, Pencado – Tabona 2,5 Km lapen, Tabona – Kataga 5,3 Km lapen, Tabona – Peleng 4,5 Km beton, Sofan – loseng 10 Km lapen, di tambah dengan pembukaan dibeberapa titik lokasi di wilayah setempat.

Pemda melalui Dinas PUPR Taliabu juga memasukkan rancangan anggaran untuk pembangunan jalan Kawalo – Nggoli dan Nggoli – Bahu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 mendatang.

Usulan DAK tahun 2023 itu diaprove oleh Kementerian PUPR dan Bappenas, tinggal menunggu dari banggar DPR RI dan Kemenkeu.

“Ini merupakan bukti Visi-Misi Aliong Mus – Ramli (AMR) dalam menjawab tuntutan publik, sekaligus menjawab tantangan atas kondisi infrastrukur di wilayah Taliabu Taliabu selama ini,”cetus Kadis.

Baca Juga:  Tutup Latsar CPNS, Sekda Taliabu: Jangan Minta Pindah Sebelum 5 Tahun Bertugas

Perlu di ketahui bahwa panjang jalan dari Bobong sampai dengan Waikoka, sepanjang 190,81 Km. Sementara pada saat Taliabu dimekarkan hanya tercatat memiliki beberapa Kilometer ruas jalan yang di aspal.

“Dari tahapan pembangunan jalan dan kondisi medan di Taliabu, kita mengambil langkah pembukaan badan jalan terlebih dahulu. Alhamdulilah dari kerja keras kita, jalan yang sudah terbuka mulai di lakukan peningkatan sejak periode pertama,” jelasnya.

Baca Juga:  Gagas Peningkatan Ekonomi Lewat AZIK, Reformer Nuryadin Libatkan Wartawan

Kesempatan itu Suprayidno meminta masyarakat Pulau Taliabu, khusunya masyarakat Taliabu Selatan agar memberikan dukungan untuk kelancaran pekerjaan di lapangan.

Terpisah, Bupati Aliong Mus mengatakan proses pembangunan jalan di Taliabu Selatan saat ini sedang gencar dilaksanakan oleh PUPR sebagai instansi teknis.

“Saat ini jalan di Taliabu Selatan dalam masa pembangunan, dan ini adalah komitmen pemerintahan AMR dalam mewujudkan program prioritas di periode kedua saat ini,”pungkasnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *