oleh

Dinkes Kepsul Gelar Workshop Akreditasi Puskesmas Baleha

-Daerah-627 views
Workshop penggalangan komitmen Akreditas Puskesmas Desa Baleha | Foto: Arfa

SANANA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar acara workshop penggalangan komitmen Akreditas Puskesmas Desa Baleha Kecamatan Sulabesi Timur, Senin (10/02/2020).

Kegiatan tersebut bertempat di puskesmas Baleha, Kecamatan Sulabesi Timur, dihadiri oleh Camat, Kepala Desa, TNI, Tokoh Masyarakat dan Kader Posyandu Dan Unsur Dinas Kepala Dinas Kesehatan, Kabid Yankes dan Kabid Binkesmas, serta Tim Pendamping Akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula (Kepsul) M. Irvan Pora, SKM., MPH, menegaskan Puskesmas Baleha merupakan salah satu dari sejumlah puskesmas yang akan dilakukan penilaian akreditasi pada tahun 2020,” ucapnya.

Untuk mencapai akreditasi tersebut, kata Irvan, diperlukan dukungan lintas sektor terkait mulai dari kecamatan, kades, tim penggerak PKK , tokoh agama, kaders posyandu dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan kesehatan.

“Akreditasi Puskesmas ini tidak akan terwujud tanpa kerja keras semua pihak khususnya dukungan teman-teman tenaga kesehatan dan dukungan dari Camat serta seluruh lintas sektor dalam kecamatan,” ujarnya.

Guna memenuhi standar akreditasi puskesmas, dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator yang kompeten agar puskesmas dapat membangun sistem pelayanan klinik serta penyelenggaraan program yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen tinggi untuk menyediakan pelayanan yang bermutu, aman,dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan,” jelas M. Irvan Pora Kadis Kesehatan.

Terpisah, Camat Kecematan Sulabesi Timur Ikram Sibela, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), yang memberikan bantuan 1 (satu) unit armada mobil untuk membantu program pelayanan kesehatan khusus dalam pelayanan terhadap masyarakat yang mempunyai faktor resiko terhadap penyakit serta dalam pelayanan kondisi gawat darurat.

Lanjut Camat Sulabesi Timur beserta dengan kepala desa dalam wilayah kecamatan Sulabesi Timur berkomitmen penuh dan mendukung upaya mewujudkan puskesmas Baleha yang terstandarisasi Nasionali atau puskesmas terakreditasi sehingga mutu pelayanan benar-benar dirasakan oleh masyarakat Sula Besi Timur.

“Para kepala desa di wilayah Kecamatan Sulabesi Timur bersedia untuk mengawasi pelaksanaan posyandu, posbindu dan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) lain dan memastikan terpenuhinya kebutuhan UKBM dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, kepala puskesmas kecamatan Sulabesi Timur bersama dengan seluruh staf bersedia untuk bekerjasama keras memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat dalam pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Sulabesi Timur.

“Dinas kesehatan siap untuk melakukan pendampingan proses persiapan akreditasi sampai puskesmas Baleha siap untuk di Survey oleh Tim Akreditasi FKTP dari Komisi akreditasi Nasional,” tutupnya. (Arfa Sibela)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *