oleh

Ganja Selundupan Sopir Angkot Diamankan BNN Malut, Ini Kronologisnya

-Hukrim-1.469 views
Suasana press release BNNP Maluku Utara | Foto: ieL Focus Malut

Ternate, FocusMalut.com | Kamis (21/2/19) Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara (BNNP Malut) akhirnya menangkap dan mengamankan seorang sopir angkot pengedar ganja bernama M. Nasir A. Umagapi alias Ace.

Pria yang diketahui berdomisili di Kelurahan Rum RT/RW 002/001 Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan ini membawa Narkotika golongan 1 jenis ganja sebanyak 13 bungkus plastik berisikan daun kering dengan berat brutto 5,879,15 gram.

Penangkapan sopir angkot tersebut terjadi di Kelurahan Fitu Kecamatan Ternate Selatan pada Jumat (15/02/19) pukul 02.00 Wit.

Kepada sejumlah media, Kepala BNNP Malut Brigjen Pol. Benny Gunawan mengungkap kronologis penangkapan tersebut.

Penangkapan pelaku bermula dari petugas berantas BNNP Malut mendapatkan informasi dari informan dilapangan yang menemukan satu paket tas plastik yang terdampar di pesisir pantai desa Lifofa, Kecamatan Oba Selatan Kota Tidore Kepulauan.

Petugas langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan paket Narkotika golongan 1 jenis Ganja.

Petugas kemudian melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi paket tersebut milik pelaku (M. Nasir A. Umagapi alias Ace) yang dititipkan kepada seorang saksi berinisial SA yang juga tetangganya di Kelurahan Rum Kota Tidore Kepulauan.

Barang bukti 13 bungkus plastik berisikan daun kering Narkotika jenis Ganja | Foto: ieL Focus Malut

Kepada BNNP Malut, SA kemudian menjelaskan bahwa tersangka menitip barang yang dibungkus dengan tas plastik hitam saat berada diatas kapal KM Labobar dalam pelayaran Jayapura menuju Ternate.

Berdasarkan keterangan saksi SA petugas BNN langsung menangkap Ace beserta barang bukti 13 bungkus plastik berisikan daun kering jenis ganja dengan berat brutto ± 5,879,15, gram.

Selain mengamankan tersangka Ace dan barang bukti petugas BNN Malut juga mengamankan 1 (satu) buah telepon seluler merk Nokia warna putih milik pelaku.

Dari hasil penyidikan tersangka diduga melanggar UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika pasal 111 ayat (1) dan pasal 114 ayat (1) yang mana melakukan tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dengan cara menanam, memelihara, menerima, memiliki, menguasai dan menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I jenis Ganja.

Tersangka Saat ini telah diamankan di sel tahanan BNNP Maluku Utara untuk proses Iebih Ianjut. (ieL Fcs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *