oleh

Gempa 5,2 Magnitudo, 18 Pasien RSUD Labuha Dievakuasi

Belasan pasien RSUD Labuha yang berada di tenda darurat halaman Rumah Sakit Labuha (foto:Zyn)

HALSEL – Gempa bumi berkekuatan 5,2 magnitudo yang berpusat di Kabupaten Halmahera Selatan sempat membuat panik sebagian warga di kecamatan Bacan, Jumat (26/2/21) malam tadi. Kuatnya guncangan gempa membuat sebagian warga trauma dan waspada terjadinya gempa susulan.

Gempa 5,2 magnitudo tersebut 18 orang Pasien di RSUD Labuha terpaksa Dievakuasi di Halaman Rumah Sakit. Dari pantauan wartawan Fokus Malut sejumlah pasien umum, dan pasien sakit berat yang menjalani perawatan dievakuasi di halaman rumah sakit. Beberapa tim medis juga sempat panik akibat kuatnya getaran gempa.

Dokter dan beberpa petugas kesehatan yang berjaga malam mengaku sejumlah pasien terpaksa dievakuasi keluar untuk menghindari gempa susulan.

“Pasien pasien ini kami keluarkan karena gempanya sangat kuat sampai membuat dinding disejumlah ruangan RSUD retak bahkan rusak,” kata petugas RSUD Marni saat membawa pasien keluar ruangan.

Kendati demikian, kata dia, pasien tetap aman karena dalam pengawasan petugas RSUD Labuha.

Salah satu ruangan RSUD Labuha terlihat rusak ringan akibat gempa tadi

Sementara dilokasi rumah sakit, Dirut RSUD Labuha, Asia Hasjim, mengatakan ada 18 pasien untuk sementara dirawat di tenda darurat milik TNI/Polri dan BNPB di Halsel lantaran sejumlah pasien dan tenaga medis trauma pascagempa tersebut.

Sejauh ini, sejumlah kerusakan di Gedung RSUD Lebuha yang terjadi akibat gempa tersebut belum bisa ditaksir.

“Ada berapa ruangan dinding pecah dan plafon yang jatuh seperti IGD, Ruangan bedah, kamar operasi, laboratorium Sejumlah ruangan lainnya,” jelas Dirut kepada fokus Malut di RSUD Labuha malam tadi.

Baca Juga:  DKPP Putuskan Rehabilitasi Nama Baik KPU Halsel

Getaran gempa juga menyebabkan beberapa rumah warga kota Labuha dan kantor pemerintahan di Halsel mengalami kerusakan yang menyebabkan material pagar rumah berupa bongkahan batu dan tela menutup jalan.

Hingga saat ini Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa ini.

(Bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *