oleh

Hilang Selama Lima Hari, Warga Pulau Gebe Ditemukan di Raja Ampat

Kapolsek Gebe Ipda Redha Astrian STK saat mendampinggi Andi Mico saat pemeriksaan kesehatan di puskesmas Gebe

HALTENG – Setelah dinyatakan hilang selama lima hari sejak Sabtu (12/5/19) lalu, Andi Mico (30) warga asal Desa Tapaleo Kecamatan Pulau Gebe Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Andi dinyatakan hilang pada saat dirinya pergi melaut bersama temannya Snopy pada Sabtu (12/5/19) sekitar pukul 04.00 wit dini hari. Saat pergi melaut Andi dan Snopy tidak satu perahu, namun menggunakan perahu masing-masing yakni keduanya menggunakan perahu fiber dengn mesin tempel (TS). Pada saat memancing ikan di Laut Gede, tiba tiba cuaca kurang bersahabat, karena jarak yang tidak jauh, Snopy memberikan isyarat kepada Andi menggunakan lampu senter untuk pulang. Isyarat yang diberikan oleh Snopy nampaknya sia sia, karena keburu datang Ombak dan Angin kencang menerpa keduanya, namun Snopy berhasil lolos dari kerasnya Ombak dan Angin, sementara Andi harus mengalami nasib sial, karena perahu yang ditumpanginya yang dilengkapi mesin tempel (TS) mogok sehingga terbawa arus hingga ke perbatasan antara  pulau Wayak Kabupaten Raja Ampat dan Pulau Sain.

Setelah dinyatakan hilang, tim gabungan Basarnas Ternate, TNI AL Pos Gede, Polsek Gede, Masyarakat dan Keluarga Andi melakukan pencarian penyisiran laut sekitar pulau gebe sampai ke Raja Ampat Sorong Papua, namun Andi tidak ditemukan. Tapi setelah terombang ambing diatas laut selama lima hari, nasip Andi tergolong baik, sehingga mendapat pertolongan dari 3 orang Nelayan asal Kota Sorong Papua melihat Andi dan melakukan pertolongan.

“Andi ditemukan di perbatasan antara  pulau Wayak dan Pulau Sain. Nelayan asal Sorong kemudian menarik perahu Andi menuju Pulau Sain dan bermalam disebua rumah kebun,”jelas Kapolsek Gebe Ipda Redha Astrian STK, ketika dikonfirmasi wartawan melalui telpon seluler Kamis,(16/5/19).

Kapolsek menambahkan, setelah bermalam di Pulau Sain, Andi bertemu nelayan asal Pulau Yoi yang sedang mencari Kepiting, sehingga Andi meminta bantuan kepada Nelayan pulau Yoi untuk menarik perahunya hingga ke Pulau Yoi Desa Umial.

“Setelah tiba di Desa Umial, perahu Andi serta mesin TS dititipkan di Pulau Yoi dan selanjutnya Andi dibawa pulang ke Pulau Gebe, menggunkan perahu Bodi milik warga Umial,”kata Kapolsek.

Kondisi Andi, kata Kapolsek, saat ini sangat baik dan telah dilakukan pemeriksaan di Puskesmas Gebe.

“Alhamdulilah kondisi Andi baik baik saja, setelah diperiksa di Puskesmas Gebe, dan saat ini Andi sudah kembali berkumpul dengan keluarga dalam kondisi selamat,”pungkasnya

(iLx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *