oleh

Jelang Pemilu 2019, ASN Dihimbau Tetap Netral

-Politik-1.330 views
Anggota KASN Tasdik Kinanto | Foto : ieL Focusmalut

Ternate, Focus Malut | Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menghimbau seluruh ASN di Kota Ternate agar tetap Netral menjelang pemilu 2019.

Himbauan ini disampaikan oleh KASN Tasdik Kinanto pada saat menyampaikan sosialisasi pengawasan pemilu yang digelar oleh Bawaslu Kota Ternate, Selasa (19/2/19).

Menurut Tasdik ada sanksi berat jika kedapatan ASN yang bandel melanggar aturan.

“Kami berharap seluruh ASN Kota Ternate tetap menjaga sikap netralitas sehingga tidak terjebak dalam arus politik praktis,” ujar Tasdik saat diwawancarai oleh wartawan Focusmalut.

Dijelaskan Tasdik himbauan netralitas ini juga telah dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB).

“Kami tetap mengacu pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” tegas Tasdik.

Demi menjaga sikap netralitas ASN, lanjut Tasdik bahwa KASN juga sudah melakukan MoU dengan BKN, Bawaslu RI dan Mendagri untuk menangani serta mengawasi netralitas ASN.

“Segala mekanisme dan aturannya sudah jelas. Jika kedapatan ada ASN yang melanggar maka sanksi terberatnya diberhentikan dari PNS,” tambahnya.

Komisioner ASN Tasdik Kinanto berharap BKD Ternate segera melayangkan surat tentang netralitas ASN  ke instansi dibawahnya.

“Harapan ini kami sudah sampaikan ke BKD Kota Ternate. Kami juga berharap ASN Kota Ternate tetap menjaga sikap netral sampai pelaksanaan pemilu ditanggal 17 April 2019,” tutupnya. (ieL Fcs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *