oleh

Kadis Kominfo Imbau Seluruh Wartawan Ternate Wajib Bersertifikat

-Daerah, Kota-2.756 views

TERNATE – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) kota Ternate, Thamrin Marsaoly menghimbau para wartawan di Maluku Utara, khususnya di kota Ternate untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) secepat mungkin untuk mendapatkan sertifikat kewartawanannya.

Kota Ternate sendiri masih sebagian kecil wartawan yang mengikuti UKW. Padahal menurut Dia, hal itu adalah keharusan dan kawajiban seorang pekerja wartawan. “Sebagai Kepala Dinas yang sangat dekat dengan Wartawan, saya himbau dan beri saran baik, agar teman-teman wartawan bisa mengikuti UKW. Ini juga untuk kepentingan kalian, juga pengembangan profesi. Jadi, harus diurus sertifikasinya,” kata Mantan juru bicara Walikota Ternate ini. Rabu (19/12/2018) di Caffe Jarod.

Pihaknya juga telah mendapatkan edaran dari Dewan Pers dan Kementerian Komunkasi dan Informatika RI, bahwa setiap wartawan lapangan yang mewawancarai sumber wajib hukumnya memliki sertifikat kewartawanannya, jika tidak, kata Thamrin. Narasumber yang mau diwawancarai bisa menolak dengan alasan sesuai dengan aturan  Pers.

“Kita di Ternate ini belum menerapkan edaran dari pers itu, tapi di daerah lain kan sudah, coba lihat di Istana Negara, kantor DPR-RI dan daerah di Jawa sana, mereka sudah menerapkan itu. Sebagai Pemerintah, kami imbau dan minta kepada setiap wartawan agar secepatnya mengikuti UKW sebagai syarat aturan. Kalau tidak nanti kalian sendiri yang susah kan. Karena di 2019 nanti Pemkot akan memulai duluan disini,” tegas Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ternate ini.

Menurut Thamrin, Pemerintah juga menginginkan pers yang kuat, yang berkulitas dan berkompeten, tidak asal mohon maaf seperti ‘wartawan tanpa media’. Tetapi, ini pemerintah sifatnya mendorong. Karena tidak seperti dulu.

“Intinya Dewan Pers bahkan kami sendiri dari pemerintah, uji kompetensi penting untuk memastikan bahwa wartawan tersebut memiliki kapasitas sebagai sosok yang pantas dan mumpuni untuk menyandang profesi kewartawanannya,” jelas Thamrin.

(Qal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *