Kapolda Maluku Utara Resmikan Mako Polres Taliabu

Peresmian Polres Pulau Taliabu | Foto: MT

TALIABU – Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko meresmikan Polres Kabupaten Pulau Taliabu, Kamis (26/1). Peresmian ditandai dengan bunyi sirene sekaligus pembukaan selubung, penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan peletakan batu pertama pembangunan Mapolres.

Bupati Taliabu Aliong Mus dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kapolda beserta rombongan di Bobong, ibu kota Kabupaten Pulau Taliabu.

“Selaku kepala daerah, saya sangat bangga dan mengapresiasi kehadiran Bapak Kapolda dan Wakapolda Malut beserta rombongan di Kabupaten Pulau Taliabu yang akan meresmikan sekaligus melakukan peresmian Polres sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Mako Polres Pulau Taliabu. Tentunya kegiatan pada hari ini akan menjadi momentum sejarah bagi kami di Kabupaten Pulau Taliabu,” ucapnya.

Baca Juga:  Polres dan Dekot Dinilai Gagal, Nasabah PT. Karapoto Mengadu ke Polda

Dengan kegiatan tersebut, sambung Bupati, tentunya akan mendukung dan menunjang tugas pokok dan fungsi Polri, khususnya Polres Pulau Taliabu, dalam mengawal keamanan dan ketertiban serta pelayanan masyarakat di daerah.

“Perlu kami sampaikan kepada Bapak Kapolda Maluku Utara bahwa kerja sama kemitraan dengan instansi vertikal di Kabupaten Pulau Taliabu yang telah kita jalin selama ini berjalan dengan baik antara pemda dengan pihak TNI, Polri, Kejari, Pengadilan dan institusi lainnya,” tutur Bupati.

Baca Juga:  Gempa 7,4 Guncang Malut Dini Hari, Warga Panik

“Terbentuknya Polres Pulau Taliabu ini merupakan bentuk dukungan serta komitmen kami Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu akan tugas pokok dan fungsi Polri di daerah, khususnya Polres Pulau Taliabu sebagai institusi pengayom dan pelayan masyarakat yang ke depannya akan selalu bersinergi dalam membangun Kabupaten Pulau Taliabu sesuai dengan tugas dan fungsinya,” tambahnya.

Untuk itu, sambungnya, pemda berterima kasih kepada Kapolres Kepulauan Sula dan Kapolsek Taliabu Barat beserta seluruh jajaran yang selama ini telah membantu pemda menciptakan kondusivitas daerah dan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 serta dalam hal pemberdayaan masyarakat.

“Kepada Kapolres Pulau Taliabu yang baru, tugas dan pekerjaan kita ke depan tentunya akan lebih berat lagi. Oleh karenanya, kolaborasi serta koordinasi dalam menciptakan pelayanan publik yang Presisi harus kita bangun dan dapat kita implementasikan secara bersama-sama,” tandas Bupati.

Baca Juga:  Bawaslu Halsel Gelar Tes Tertulis Panwaslu, 132 Peserta Bersaing Ketat

Sementara Kapolda dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Polres Pulau Taliabu merupakan tindak lanjut dari pengemban Polri yang disesuaikan dengan pengembangan pemekaran wilayah di Maluku Utara.

“Proses pengusulan Polres Pulau Taliabu melalui beberapa tahapan, di antaranya yakni rapat pengkajian dan uji kelayakan oleh tim dari Krena Polri yang hadir dan melihat secara langsung kondisi wilayah di Pulau Taliabu. Kemudian pada tahap akhir yakni verifikasi dilakukan oleh Kemenpan RB dengan melakukan pengecekan kelengkapan data administrasi dan data pendukung lainnya sebagai syarat yang harus dipenuhi. Dan pada tanggal 2 Agustus 2022 Kemenpan RB secara resmi mengirimkan surat persetujuan pembentukan tujuh polres baru, salah satunya Polres Kabupaten Pulau Taliabu,” jelasnya.

Baca Juga:  Hilang Sembilan Hari, Nelayan Kepsul Ditemukan Di Halsel

Menurutnya, terbentuknya Polres Pulau Taliabu tidak lepas dari dukungan dan kerja sama Bupati Aliong dan DPRD setempat serta stakeholders terkait serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu.

“Salah satu di antaranya adalah dukungan lahan untuk Mako Polres Pulau Taliabu serta bangunan sementara Polres Pulau Taliabu dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemda Taliabu dan seluruh masyarakat Taliabu, semoga kerja sama ini terjaga,” ucap Kapolda.

Baca Juga:  WADUH!! Limbah Tambang PT. ARA Cemari Sawah Warga

Ia juga berpesan kepada personel Polres Pulau Taliabu agar memiliki rasa tanggung jawab merawat dan menjaga serta memanfaatkan bangunan Polres ini dengan sebaik-baiknya.

“Tingkatkan kinerja setiap personel dalam melaksanakan tugas kepolisian guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta hindarkan dari setiap tindakan, perbuatan, perkataan serta sikap yang kontraproduktif sehingga personel Polres Pulau Taliabu bisa menjadi personel Polri yang mencintai dan dicintai oleh masyarakat,” tandasnya. (MT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *