oleh

Pemberdayaan Masyarakaat, Pertamina Gandeng UMKM Di Ternate

-Daerah-280 views
Seminar Pohon Produksi Kreatif dan Inovatif Pala dan Batik Malefo di Kelurahan Tubo

 

TERNATE – PT Pertamina (Persero) MOR VIII – DPPU Babullah Ternate melalui program, Corporate Social Responsibility (CSR) mengadakan seminar pohon produksi kreatif dan inovatif Pala dan Batik Malefo yang bertempat di Gedung Paud Pembina, Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate pada Minggu (30/9/2018).

Dalam seminar itu, dihadiri oleh perwakilan Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Koperasi serta perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ternate.

Dikesempatan itu, Ketua kelompok IKM (Industri Kecil dan Menengah) Batik Malefo Asnia Ishaq menyampaikan bahwa, Seminar tersebut sebagai rangkaian dari inisiasi program CSR di Kelurahan Tubo yang merupakan ring I PT. Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Babullah Ternate, program ini diarahkan sebagai upaya Pertamina dalam meningkatkan taraf hidup ekonomi para ibu-ibu dampingan kelompok dengan memberikan pengetahuan awal tentang olahan pala dan kerajinan Batik Malefo.

Selain itu, lanjut Dia, peserta juga diberikan motivasi  oleh para narasumber yang bergelut di IKM olahan pala dan Batik Malefo. Sehingga pada akhirnya, kelompok dampingan yang dibentuk Pertamina ini akan dapat mandiri secara ekonomi,” kata Asnia

Camat Ternate Utara, Dzulkifli, dalam sambutannya mengungkapkan kesan positif terhadap Program CSR DPPU Babullah ini. Camat juga sangat mengapresiasi langkah Pertamina DPPU Babullah yang menjalankan program CSR nya di Kelurahan Tubo. Karena di kelurahan Tubo memeliki banyak potensi yang beragam untuk itu perlu didukung dan dioptimalkan,” ungkapnya.

Lurah Tubo, Djiko Tamam, juga menyampaikan apresiasi yang sama kepada PT.Pertamina atas upaya proaktif dalam memaksimalkan potensi yang ada di kelurahan yang dipimpinya itu.

“Tubo ini memang memiliki banyak potensi mulai dari adat, budaya, IKM, alam, dan lain sebagainya. Saya selaku pemimpin di Kelurahan Tubo sangat senang masyarakat saya mendapatkan pendampingan dari program CSR Pertamina. Semoga dengan langkah awal yang dilakukan Pertamina DPPU Babullah ini bisa membantu memaksimalkan potensi yang sudah ada di Kelurahan Tubo ini,” kata Lurah.

Sementara Unit Manager Communication & CSR MOR VIII, Eko Kristiawan, menyampaikan bahwa Pertamina senantiasa mendukung pemberdayaan masyarakat di setiap unit operasi di seluruh Indonesia dan berharap agar program CSR yang dijalankan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

 “Di setiap lokasi, unit operasi Pertamina senantiasa berkomitmen untuk menjalankan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memperhatikan kearifan lokal. Semoga program ini dapat memberi kesempatan bagi masyarakat Ternate, khususnya di Tubo untuk mengembangkan potensi pala dan batik sehingga membawa manfaat secara ekonomi,” tutup Eko. (Cy)