oleh

Peringati HPNS, DLH Ajak Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya

Kadis DLH, Muhammad Adam

JAILOLO – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Kamis (21/219), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) fokus pada pelayanan sampah di Halmahera Barat (Halbar).

Kepala DLH Muhammad Adam kepada wartawan, Rabu (20/2/19) menyatakan, sampah bukan saja menjadi tanggunjawab DLH, namun sampah menjadi tanggunjawab semua komponen, baik masyarakat atau pihak terkait.

Olehnya itu, tahun ini DLH fokus pada penambahan armada sarana prasarana persampahan, sehingga kepada masyarakat Halbar agar membuang smpah pada tempatnya, karena lingkungan yang bersih maka kesehatan pun ikut terjamin.

“Saya berharap kepada masyarakat Halbar, khususnya dalam kota Jailolo, agar bersama sama menjaga kebersihan, sehingga dengan keterbatasan armada, Satgas kebersihan DLH dapat melayani sampah rumah tangga dengan baik,”ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan instruksi presiden nomor : 12 tahun 2016, tentang gerakan nasional revolusi mental, telah ditetapkan salah satu agenda yaitu gerakan nasional indonesia bersih. Selain itu, hasil koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, maka dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih yang dirangkaikan dengan momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Rakernas dilaksanakan besok (Kamis hari ini, red) di Jakarta dengan tema, kelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai. Olehnya itu, DLH Halbar akan terus berupaya mengatasi sampah rumah tangga di Halbar,”katanya.

Muhammad juga mengaku, dalam rangka memperingati HPSN, hari ini DLH, Genpi dan stakeholder terkait melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dibeberapa titik di Kota Jailolo, yakni, di lokasi FTJ, Desa Gamlamo, Desa Jalan Baru dan  Pasar Jailolo.

Baca Juga:  84 Orang di Desa Hidayat Terima BLT Tahap Pertama

“Kegiatan Bansos dilakukan sekaligus sosialisasi tentang pentingnya kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat diajak membuang sampah pada tempatnya,”pungkasnya.

(HB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *