Permudah Akses Masyarakat, Reformer Yunita Rachman Luncurkan Aplikasi “SIKALOKA”

HALSEL – Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini Pemerintah Daerah kabupaten Halmahera Selatan melalui Reformer Yunita Rachman, S. Kom perkenalkan sebuah aplikasi berbasis Web yang mana sistem itu sangat membantu dan mempermudah akses seluruh pelaku pengadaan di Halmahera Selatan.

Reformar Yunita Rachman yang juga selaku kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah saat diwawancarai wartawan, Senin (27/11/23) tadi menjelaskan Aplikasi berbasis Web ini merupakan penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik yang mana kata Yunita hal ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sebagaimana diatur pada Pasal 50 Ayat (5) bahwa pelaksanaan e-Purchasing wajib dilakukan untuk barang/jasa yang menyangkut kebutuhan nasional dan/atau strategis yang ditetapkan oleh menteri, kepala lembaga, atau kepala daerah.

“Penyelenggarakan sosialisasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Katalog Elektronik Lokal (Monev Sikaloka) adalah aplikasi yang mendukung transparansi E-katalog Lokal.” Jelas Reformer Yunita.

Dikatakan, penggunaan Aplikasi Sikaloka dalam konteks E-katalog lokal adalah untuk mengamati kinerja e-Katalog memahami dampaknya terhadap pengguna dan pemerintah daerah, serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Monitoring berfokus pada pengumpulan data secara berkala tentang produk tayang di setiap etalase, jumlah penyedia, transaksi di setiap OPD, Produk Lokal (TKDN).

Menurut Yunita, tujuan Aplikasi berbasis Web (Sikaloka) ini didesain untuk mempermudah akses seluruh pelaku pengadaan mulai dari Penyedia, PP, PPK dan seluruh OPD. Pemerintah daerah dapat memanfaatkan Sikaloka agar proses penyediaan data dapat terlaksana dengan akurat, efektif dan efisien sehingga dapat digunakan sebagai bahan laporan dalam rangka peningkatan transparansi epurchasing serta mewujudkan tata kelola berbasis elektronik,” ungkap Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa, Yunita Rachman sebagai Reformar

Baca Juga:  PDAM Halut Komitmen Berikan Pelayanan Prima Pada Masyarakat

Menariknya dari Aplikasi Sikaloka ini adalah pada dashboard pelaku pengadaan dapat melihat statistik transaksi ekatalog lokal. Selain itu, Pelaku pengadaan juga dapat mengakses perkembangan etalase, produk yang telah tayang, dan juga total transaksi.

“Nah, transaksi dapat berdasarkan kualifikasi penyedia, produk lokal dengan TKDN, produk lokal tanpa TKDN sampai dengan produk impor, “ jelas Yunita. (Bz)

Editor : ebamz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar

  1. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something that I think I would never understand. It seems too complex and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!