oleh

Posko Satgas Covid-19 Desa Gorub Dipenuhi Kotoran Kambing  

Posko satgas Covid19 Desa Gorub Kecamatan Pulau Makian yang memperhatinkan

HALSEL – Pembentukan posko tanggap Covid-19 tingkat desa atau kelurahan merupakan arahan Presiden Joko Widodo agar penanganan Covid-19 menggunakan pendekatan level mikro. Berbeda hanya dengan kondisi posko Satgas Covid 19 di desa Gorub kecamatan Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara. Kondisi posko satgas Covid-19 desa Gorub kecamatan Pulau Makian sama sekali tidak difungsingkan bahkan dipenuhi kotoran kambing.

Dari pantauan dilapangan kondisi gedung Posko satgas Covid19 itu carut marut, dari dalam gedung lantai, dinding hingga plafon gedung terlihat tidak terurus dengan baik apalagi halamannya dipenuhi koratan kambing.

Baca Juga:  Paskibra Pultab Intens Latihan, Pelatih: Persiapan Sudah 40 Persen

 

dalam gedung posko satgas Covid19 desa Gorub kecamatan pulau Makian

Salah satu warga desa Gorub, Harmin kepada wartawan, mengungkapkan ada beberpa fungsi prioritas posko tanggap Covid-19 tingkat desa. Pertama, sebagai pendorong perubahan perilaku masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan. Kedua, sebagai layanan kesehatan masyarakat. Ketiga, sebagai pusat kendali informasi Covid-19.

“Hal ini berbeda dengan kami didesa Gorub pemerintah desa ditambah dengan kepala desa tidak memperdulikan itu, buktinya posko Satgas Covid tidak terurus sampai dijadikan kandang oleh hewan (Kambing),” kata Harmin.

Baca Juga:  Pemdes Tikong Kantongi Data Sementara Penerima BLT

Menurut dia, Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor 2 Tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa Nomor 1 Tahun 2021 tentang minimal 8 persen untuk penanganan COVID di tingkat Desa tidak dilakukan di desa Gorub. Harmin bahkan menyesali tingkah kepala Desa Rusihan H Sirajudin yang tidak pernah terbuka berapa alokasi anggran dana desa yang dipotong untuk penanganan covid 19 didesanya.

 “Kalau Minimal 8 persen dari dana desa itu harus diperuntukkan untuk penanganan COVID 19 di desa kami tidak ada buktinya, kalau memang kades mengikuti instruksi Pemerintah untuk prioritas covid tentu posko satgas Covid19 desa tidak jadi kandang kambing kan,” kesal Harmin mewakili warga lainnya.

Baca Juga:  Sesali Sikap Pemilik Tambang, Keluarga Korban Tempuh Jalur Hukum
depan gedung Posko Satgas Covid 19 desa Gorub dipenuhi kotoran kambing

Sekedar diketahui surat edaran Kementerian Keuangan Nomor 2 Tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa Nomor 1 Tahun 2021 tentang 8 persen dana desa untuk penanganan COVID di tingkat Desa. Dari total alokasi dana Desa Gorub tahun 2021 berkisar Rp 600 juta lebih. Maka kurang lebih dana yang dialokasikan untuk penanganan covid 19 desa Gorub adalah Rp 45 Juta sekian.

(baz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *