Respon Cuaca Ekstrim, Bupati Taliabu Perintahkan BPBD, Dinsos Turun Lapangan


TALIABU —
Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus, telah mendapat laporan atas kejadian angin puting beliung, yang melanda dua desa di Kecamatan Taliabu Selatan (Talsel, red), terpatnya di Desa Bapenu dan Galebo.

Bahkan dirinya telah memerintahkan dua intansi terkait yakni Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu, untuk turun ke lokasi. Namun, harus melihat kondisi cuaca saat ini.

Baca Juga:  Pemdes Kramat Salurkan Bantuan Langsung Tunai ke 63 Warga

”Saya telah memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD untuk turun, tapi lihat kondisi ombak dan angina yang saat ini belum bersahabat,” katanya, Rabu, 12 Juli 2023.

Kalaupu, belum sampai bisa mengirim bantuan tanggap darurat saat ini, dirinya, meminta untuk terus melakukan pemantauan dan komunikasi intens dengan kepala Desa, Tagana dan pihak Kecamatan. Dan mencari solusi untuk bisa menjangkau lokasi.

”Koodinasi dan melihat kondisi, karena cuaca bisa berubah sewaktu-waktu,” cetusnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Pemkab Taliabu Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok

Sedangkan, Kepala Dinas Sosial dan BPBD Pulau Taliabu, mengaku bahwa perintah itu juga telah diterima. Namun, pihaknya telah melakukan koordinasi untuk dijangkau hari ini dengan melakukan perjalanan darat. Karena, Dinas Sosial Provinsi, BPBD Provinsi Malut dan Badan Intensitas Bencana Indonesia (BIDI) BNPB, telah meminta laporan terkait dengan kerusakan dan titik koordinat.

”Memang Bupati arahkan untuk lihat kondisi cuaca, tetapi ada beberapa staf telah siap untuk menyebrang melalui darat,” kata keduanya.

Baca Juga:  Pemdes Wayo Sukses Salurkan BLT Tahap III

Untuk diketahui, akibat puting beliung ini telah merusak 21 unit rumah di Desa Bapenu dan 10 unit rumah di Desa Galebo, atau setidaknya 32 Kepala Keluarga (143 jiwa) sempat mengungsi dan kejadian Selasa 11 Juli 2023 ini tidak menimbulkan korban jiwa di dua desa tersebut. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *