oleh

Sering Dilanda Banjir, Pemdah Haltim Dinilai Cuek

Ketua Badan Kehormatan DPRD Haltim, Hasanuddin Ladjim | Photo: Rian.

HALTIM, MALUT — Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Timur (Haltim) menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Haltim yang seakan-akan tutup mata dalam mengatasi masalah banjir di Kecamatan Maba Selatan.

Pasalnya, ketika turun hujan banjir selalu menghantam ruas jalan dan pemukiman warga khususnya di Desa Bicoli dan Desa Kasuba. Bahkan, genanangan air tersebut berimbas pada terganggunya aktivitas masyarakat setempat.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-19, IAD Gelar Baksos

Padahal, menurut dia Pemda Haltim sering melihat kondisi banjir yang terjadi di kecamatan maba selatan tersebut. Namun, pemerintah sekarang ini dinilai tidak tanggap dalam menyikapi persoalan kondisi lokasi rawan banjir di dua desa itu.

“Persoalan ini sudah berulang kali terjadi setiap curah hujan yang tinggi, pasti akan terjadi banjir,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Haltim, Hasanuddin Ladjim, melalui Via WhatsApp, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Halsel Terima Alat Ventilator Dari PT Harita Nickel

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Haltim ini juga menyatakan, Banjir yang sering terjadi ini kalau tidak cepat diantisipasi, maka bisa saja dapat merusak lingkungan Warga Masyarakat sekitar, dan sala satu dampaknya adalah mempengaruhi tingkat kesehatan seperti menimbulkan adanya penyakit.

Tak hanya itu, Dirinya Mengaku, Hal ini sudah disampaikan pada saat kegiatan musrembang Kecamatan dan Musrembang Desa akan tetapi belum saja mendapat tanggapan serius dari Pemerintah Daerah.

“Persoalan banjir tersebut sudah berulang kali terjadi, kondisi 2 desa yang berdekatan itu jika turunnya hujan suda tentu akan terjadi banjir,” terang Hasanuddin.

Baca Juga:  Banyak Kelompok Tertentu Memanfaatkan Proyek Untuk Kepentingan Politik

Hasanuddin bilang, suda kurang lebih dua tahun, pemerintah desa dan kecamatan sudah sangat bijak menyampaikan hal tersebut pada saat kegiatan musrembang akan tetapi Pemda Haltim sampai sejauh ini belum juga ditanggapi dengan serius.

” Saya dan Kepala Desa Bicoli, suda sering menyampaikan hal ini ke beberapa dinas teknis yang membidangi, namun tidak ada tanggapan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pekan Depan BPKP Periksa LKPD Pemda Kepsul 2018

Tidak sampai disitu, pihaknya juga meminta kepada dinas terkait dalam hal ini Dinas PUPR dan Perkim Halmahera Timur, agar sedikit menaruh perhatian serius demi masyarakat di dua desa yang ada di Maba Selatan itu.

“ Dan perlu diingat agar dalam perencanaan tahun 2022, bisa diprioritaskan,” pungkasnya. ( Rian ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *