oleh

Tahun Ini Pemda HALSEL Bangun Tiga Puskesmas Baru

-Daerah-827 views

Kadinkes: Desember Selesai Dibangun

Pembangunan Gedung Puskesmas Laiwui. kecamatan Obi yang dikerjakan sudah 33 persen (foto, Zayan)

HALSEL – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pada tahun anggaran 2020 membangun tiga unit puskesmas di tiga kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Hasna Muhammad, Jumat,(19/6/20), mengatakan, tiga puskesmas baru yang dibangun pada tahun ini tersebar di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Obi, Kecamatan Kayoa, dan Kecamatan Botang Lomang.

“Tahun ini kita bangun puskesmas baru ada tiga. Puskesmas Laiwui, Puskesmas kayoa, dan Puskesmas Bajo,” kata Kadinkes Halsel

Selain membangun tiga unit puskemas baru, tambah Hasna, pada tahun 2019 lalu, Dinkes Halsel juga telah membangun tiga puskesmas baru di kecamatan Gane barat Utara, Kecamatan Makian dan kecamatan Mandioli Utara.

Untuk pengerjaan fisik tiga proyek tersebut tidak mengalami kendala. Hasna bilang sampai hari ini juga progres pengerjaan puskesmas Laiwui kecamatan Obi sudah 33 persen, sadangkan puskesmas Bajo dan Kayoa sudah 5 persen.

“ Ketiga puskesmas dibangun dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020,” ungkapnya

Mantan Sekertaris Dinkes ini merinci, untuk pembangunan Puskesmas kayoa kecamatan Kayoa menelan anggaran senilai Rp11,9 miliyar lebih, sementara puskesmas Laiwui Rp7,8 miliyar dan Puskesmas Bajo kecamatan Botang Lomang senilai Rp8,3 miliyar sekian.

Ketiga puskesamas ini lanjut Dia, hanya puskesmas Kayoa yang dibangun dengan tipe dua lantai karena puskesmas rawat inap, sedangkan puskesmas Bajo dan Laiwui non rawat inap.

“ Tergetnya bulan Desember 2020 ini akan selesai di kerjakan, paling lambat 24 Desembar langsung diserahkan ke Dinkes,” pungkasnya.

(bz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *