Aliong Mus Bertekad Bangun Rumah Sakit Modern di Taliabu

TALIABU – Meskipun mengalami keterbatasan alokasi anggaran dan menjadi salahsatu masalah krusial yang menghambat pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu selama ini.

Namun tekad dan semangat Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus dalam upaya peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) ternyata tetap terus mendapatkan perhatian serius Pemerintah daerah (Pemda) Pulau Taliabu.

Baca Juga:  Pemkab Taliabu Raih Penghargaan Dari Ombudsman

Seperti di antaranya mulai dari penanganan stunting yang terus ‘dikeroyok’ bersama instansi pemerintah daerah, serta upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas di bidang kesehatan.

Kendati hingga tahun 2023 nanti, APBD Pulau Taliabu belum mengalami kenaikan sesuai dengan harapan yang diajukannya perubahan luas di wilayah Taliabu. Namun hal itu tidak menyurutkan tekad kuat Bupati Aliong Mus dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat dengan menyediakan Rumah Sakit Modern di Pulau Taliabu pada tahun 2023 nanti.

Baca Juga:  Pangdam XVI/Pattimura Secara Resmi Meletakan Batu Pertama Makodim 1511/Weda

Rencana bupati yang juga selaku Ketua DPD II Partai Golkar Taliabu, Aliong Mus tersebut disampaikannya saat melakukan Kunjungan kerja (Kanker) ketika memantau secara langsung kesiapan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Mandiri di Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat, Sabtu (05/11/2022) kemarin.

“Insya Allah, di tahun 2023 nanti dengan anggaran kita yang serba terbatas ini kita akan tetap membangun satu Rumah Sakit Modern di Kabupaten Pulau Taliabu karena ini sangat penting, “janji Aliong Mus. Ia pun mengungkapkan, ketergantungan layanan kesehatan masyarakat dengan Rumah Sakit (RS) di luar daerah selama ini cukup menyengsarakan rakyat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang cepat.

Baca Juga:  Aliong Mus Komitmen Berantas Narkotika di Pulau Taliabu

Untuk itu ia menambahkan, perlunya menyediakan sebuah RS yang layak dan mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di tahun 2023. “Bayangkan saja, kita kalau mau rujuk pasien ke Luwuk dengan menggunakan speed bisa memakan waktu 4-5 jam. Sementara perjalanan kapal memakan waktu satu malam. Untuk itu kita sudah seharusnya berkomitmen dengan DPRD dan kita tetap akan paksakan bangun RS Modern di Pulau Taliabu ini, “tandas Aliong.

Dalam kunjungan kerja yang menggandeng sejumlah kementrian dari Jakarta Pusat dan Sekretaris BKKBN Provinsi Maluku Utara, saat itu, Bupati Aliong Mus juga menaruh harapan besar kepada Kementerian Kesehatan RI agar dapat memperhatikan kondisi tersebut. “Harapan saya bisa ada bantuan dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pemda Taliabu Gelar Regsosek 2022

Di mana saat itu perwakilan Kementerian Pusat berkunjung bersama dengan Bupati Aliong Mus di BKB Mandiri Desa Kramat, Direktur BKB BKKBN Pusat, tim Ditjen Bina Desa Kemendagri, tim Kemendes dan tim BKKBN Maluku Utara. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *