oleh

Wartawan dan Mahasiswa Taliabu Galang Dana Untuk Bocah Pengidap Hidrosefalus

TALIABU, MALUT – Kepedulian Masyarakat ibukota Kabupaten Pulau Taliabu terhadap Bocah Pengidap Hidrosefalus dan Meliana Bocah 5 tahun di dusun Meang Desa Tubang kecamatan Taliabu Timur yang cacat Fisik sejak lahir terbilang cukup tinggi.

Buktinya, setelah di dilakukan penggalangan dana dalam sehari oleh Para Insan Pers bersama Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Taliabu (HMT) di ibukota Bobong sejak pukul 8:00 hingga Pukul 16:30 Rabu (25/08/2019) sore tadi, donasi yang terkumpul hampir mencapai Rp 10 Juta.

Baca Juga:  Pendaftaran Ketua KNPI Halsel Diperpanjang

“Aksi Peduli Yasmin yang dilakukan oleh rekan-rekan Jurnalis Taliabu bersama PB-HMT yang berlangsung sejak pagi sampai sore hari tadi berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 9.107.000.00 (Sembilan Juta Seratus Tujuh Ribu Rupiah). Semoga niat baik rekan-rekan sekalian bernilai ibadah,” kata Bendahara, Asrul Ramli Que dalam informasinya kepada teman pers Taliabu.

Diketahui, Yasmin, anak berusia 13 tahun asal dusun meang Desa Tubang, yang mengidap Hidrosefalus atau pembengkakan pada rongga otak dan meliana bocah 5 tahun di Desa yang sama mengalami cacat fisik sejak lahir itu berawal dari hasil investigasi salah satu wartawan online Taliabu di Desa Tubang baru baru ini.

Dimana, penyakit yang diidap sejak lahir bocah 13 tahun dan 5 tahun di Desa Tubang tersebut menyebabkan keduanya tidak dapat berjalan, kecuali merangkak sebatas di dalam rumah.

Baca Juga:  Merauke Bersatu Lawan Corona, PLBN Sota Disemprotkan Disinfektan

Putri petani berpenghasilan pas Pasan ini tampak begitu menderita sebab dari tahun ke tahun kepalanya terus membesar. sementara orang tuanya tidak memiliki kemampuan ekonomi
yang cukup untuk melakukan pengobatan terhadap putrinya.

Begitu pun yang terjadi dengan Meliana. Bocah ketiga yang kini sudah menjadi anak yatim dan tinggal bersama kedua kakak dan ayahnya digubuk kecil Desa Tubang itu sejak lahir hanya memiliki satu kaki dan tanpa kedua telapak tangan itu tak bisa meringankan bebannya untuk bisa berjalan meskipun hanya mengandalkan roda karena kondisi mereka yang tergolong lemah secara ekonomi sehingga hanya dapat merangkak dan terbaring lemah di dalam rumah.

Ketidak berdayaan Yasmin dan Meliana serta orang tuanya itu akhirnya mendapat empati dari Wartawan di Kabupaten Pulau Taliabu maupun mahasiswa PB HMT untuk melakukan gerakan sosial penggalangan dana.

Baca Juga:  Panwascam dan PPL se Halsel Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Ramlan, Wartawan Fajar Malut yang pertama kali tergerak hatinya untuk mengajak insan Pers se-Taliabu membuka donasi penggalangan dana untuk meringankan beban dua bocah tersebut.

“Kondisi ekonomi dan penyakit yang diderita Yasmin maupun Meliana tiba tiba menggerakkan hati saya untuk membantu kedua kedua bocah ini dengan mempublikasi di media masa, tapi kemudian setelah berita berita yang ditayangkan belum menuai respon positif dari dinas terkait, saya lalu kembali berfikir bahwa membuka donasi untuk kedua Ade ini bisa menjadi solusi, dan Alhamdulillah teman teman wartawan di Taliabu semua merespon itu dengan tindakan nyata,” bebernya.

Walhasil, gerakan sosial para insan pers di Taliabu ini pun ternyata mendapat simpati PB HMT Taliabu yang bersedia bersama para awak media turun ke jalan dalam rangka penggalangan dana yang direspon baik oleh masyarakat maupun pejabat publik di daerah itu.

Baca Juga:  Warga Loloda Siap Dukung Program Bupati

Tidak hanya itu, bahkan bantuan donasi untuk dua putri di Taliabu timur itu pun datang dari pihak Badan Pertanahan Nasional Kabupaten kepulauan Sula yang dikirim via Transfer bank.

disamping itu, Ketua PB HMT Mingkat Buya yang juga terlibat dalam aksi Galang dana bersama awak media Taliabu juga telah menginstruksikan kepada seluruh pengurus HMT di 11 cabang HMT yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menggalang dana bagi Yasmin dan Meliana.

“Saya senang bisa bersama teman Teman wartawan Taliabu dalam aksi seperti ini, dan saya juga sudah instruksikan kepada 11 cabang HMT untuk menggalang dana untuk ini. Hasilnya akan dikirim via transfer bank,” ungkap Ketua umum PB HMT, Mingkat Buya.

Baca Juga:  CASN dan PPPK Taliabu 834 Orang

Sekedar informasi, hasil Donasi yang telah terkumpul saat ini akan diberikan secara tunai untuk kebutuhan Yasmin selama berobat dan menyediakan fasilitas kursi roda untuk Meliana.

Akhirnya, Abdul Hafid, salah satu wartawan Taliabu mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi memberikan donasi untuk Meliana dan Yasmin.

” Tentunya inisiatif kita selaku awak media maupun PB HMT tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada dukungan dari semua pihak yang terlibat berdonasi. Terima kasih bapak ibu saudara saudari, semoga setiap rupiah yang telah dikeluarkan untuk membantu Yasmin dan Meliana ini dapat bernilai ibadah” tutupnya. (MT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *